• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Nurani Aisyah - 090210102031_1.pdf (260.9Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    NURANI AISYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman dari pada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan dan penyajian data. Permasalahan yang sering terjadi di dalam pembelajaran fisika adalah lemahnya proses pembelajaran di kelas. Pada umumnya siswa cenderung pasif sehingga membuat siswa kurang mengembangkan keterampilan berfikirnya. Keterampilan berfikir akan berhubungan langsung dengan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah. Dan dalam realitanya, pembelajaran disekolah masih banyak yang menggunakan model pembelajaran yang hanya berupaya untuk menghabiskan materi pembelajaran semata sehingga kurang memberi makna bagi peser ta didik. Pembelajaran yang kurang bermakna ini menyebabkan hasil belajar fisika masih kurang jika dibandingkan dengan mata pelajaran sains lainnya. Oleh karena itu, perlu diterapkan model dan metode pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model creative problem solving Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen,dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized post test-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisa data menggunakan software SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk vii mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dan menggunakan presentase respon siswa untuk menjawab permasalahan ketiga. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian post test dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan ide-ide dan pemikirannya berdasarkan percobaannya. Analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen yang diperoleh dari penilaian kognitif proses dan psikomotor, menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa tergolong aktif yaitu sebesar 79,79%. Data hasil respon siswa dalam penelitian ini yang berupa data angket siswa mengenai respon siswa selama pembelajaran menggunakan model creative problem solving Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah:
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4361
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository