dc.contributor.author | Suratno | |
dc.date.accessioned | 2013-06-26T06:48:11Z | |
dc.date.available | 2013-06-26T06:48:11Z | |
dc.date.issued | 2013-06-26 | |
dc.identifier.issn | 0854 - 8315 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/434 | |
dc.description.abstract | Strategi kooperatif Jigsaw cocok bagi guru pemula atau guru yang belum mempunyai keterampilan cukup untuk mengelola strategi pembelajaran kooperatif. Kajian lain menunjukkan pada strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT), siswa lebih mudah mengkomunikasikan gagasan dengan teman lain akan tetapi untuk mempertajam dan menyempurnakan ide perlu dilakukan secara kooperatif. Strategi pembelajaran Gabungan Jigsaw-RT sarat dengan kegiatan diskusi siswa dan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu strategi Gabungan Jigsaw-RT dipandang berpotensi besar dalam mengembangkan keterampilan metakognisi. Strategi Gabungan Jigsaw-RT ini pula juga telah terbukti marnpu meningkatkan kualitas pertanyaan dan kuantitas siswa dalam pembelajaran konsep keanekaragaman hayati | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | JPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran);Volume 18, Nomor I, April 2011 | |
dc.subject | Strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT | en_US |
dc.title | Kemampuan Metakognisi dengan Metacognitive Awereness Inventorv (MAI) pada Pembelajaran Biologi SMA dengan Strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT | en_US |
dc.type | Article | en_US |