Show simple item record

dc.contributor.authorIDA NUR RACHMAWATI
dc.date.accessioned2013-12-05T01:49:34Z
dc.date.available2013-12-05T01:49:34Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210102011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4348
dc.description.abstractPembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan proses untuk memperoleh konsep-konsep fisika dalam menumbuhkan nilai dan sikap ilmiah siswa. Oleh karena itu, dalam pembelajarannya siswa dituntut aktif, kreatif, dan mampu berpikir kritis tidak hanya tergantung pada guru saja. Namun pada kenyataannya kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru dan kurang efektif sehingga mengakibatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kelas VIII A SMP Negeri 2 Maesan, proses belajar mengajar di kelas kurang efektif sehingga berdampak pada rendahnya sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester hanya 8 siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥ 70. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran fisika tersebut adalah penerapan pembelajaran dengan LKS openended questions disertai metode eksperimen. Pembelajaran dan metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman menemukan, mengenali, dan menyelesaikan masalah dengan beberapa teknik dan untuk melatih siswa melakukan proses percobaan sendiri maupun kelompok sehingga siswa sepenuhnya terlibat untuk menemukan fakta, mengumpulkan data, mengendalikan variabel, dan memecahkan masalah yang dihadapi secara nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa menggunakan LKS openended questions disertai metode eksperimen pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maesan. vii Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini adalah model Hopkins dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maesan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang tiap siklusnya dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran open-ended problem disertai metode eksperimen yang disempurnakan sesuai dengan refleksi pada siklus sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan sikap ilmiah siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa pada tiap siklus serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari hasil analisis data sikap ilmiah siswa dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Persentase sikap ilmiah pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 37,71% menjadi 54,31% temasuk kategori kurang sekali, siklus 2 yaitu menjadi 62,72% dalam kategori cukup dan siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 69,18% dalam kategori cukup. Persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar pra-siklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan nilai <g> yaitu sebesar 0,35 termasuk kategori sedang. Dari pra siklus ke siklus 2 ditunjukkan dengan nilai <g> sebesar 0,49 termasuk kategori sedang. Selanjutnya dari pra siklus ke siklus 3 ditunjukkan dengan nilai <g> sebesar 0,55 dan masih dalam kategori sedang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maesan melalui pembelajaran dengan LKS open-ended questions disertai metode eksperimen mengalami peningkatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102011;
dc.subjectLKS OPEN-ENDED QUESTIONSen_US
dc.titlePENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN LKS OPEN-ENDED QUESTIONS DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 MAESANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record