Show simple item record

dc.contributor.authorAnis Roisatun Nisak
dc.date.accessioned2013-12-05T01:29:45Z
dc.date.available2013-12-05T01:29:45Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210192006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4307
dc.description.abstractPembelajaran fisika di SMP secara umum adalah memberikan pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreatifitas siwa. Kemampuan sains siswa di Jember tergolong rendah. Kenyataan tersebut dapat terjadi karena proses pembelajaran di sekolah tidak optimal. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif. Dengan demikian, proses belajar mengajar yang diharapkan mampu memanfaatkan secara optimal prinsip-prinsip pembelajaran seperti pendekatan, strategi atau metode pembelajaran, sehingga mampu mengembangkan semua unsur internal yang dimiliki siswa secara lebih intensif. Model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan penguasaan konsep dan sekaligus dapat melibatkan siswa secara aktif salah satunya adalah model pembelajaran Quantum teaching. Model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi dapat mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui diskusi dan praktik ,diharapkan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dan kemampuan multirepresentasi fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, dan grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi dan mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction. Daerah penelitian ini adalah SMPN 1 Jenggawah yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian vii ini adalah kelas VIII F dan VIII G yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan kemampuan multirepresentasi dianalisis menggunakan rumus Ngain dan hasil belajar kognitif produk siswa dianalisis dengan Independent Samples T-Test pada SPSS 16. Berdasarkan analisis data peningkatan kemampuan representasi verbal siswa berada pada krteria tinggi dengan nilai N-gain 0,78. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,53. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,54. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,39. Hasil belajar kognitif produk dinyatakan H viii 0 ditolak dan H diterima. Dengan kata lain, Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction. 1 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi verbal siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi berada pada kriteria tinggi dengan nilai 0,78. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,53. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,54. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi berada pada kriteria sedang dengan nilai 0,39. Ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Quantum teaching berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction pada pembelajaran fisika di SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192006;
dc.subjectQUANTUM TEACHINGen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record