Show simple item record

dc.contributor.authorAbdullah
dc.date.accessioned2013-12-05T01:19:47Z
dc.date.available2013-12-05T01:19:47Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210192056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4290
dc.description.abstractFisika adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sehingga hakikat fisika dapat ditinjau dan dipahami melalui hakikat sains yaitu proses sains dan produk sains. Maka pembelajaran fisika adalah suatu interaksi antara siswa dan guru atau sumber belajar yang digunakan dalam situasi edukatif dalam mempelajari fenomena dan gejala alam secara empiris, logis, sistematis dan rasional yang melalui serangkaian produk sains, proses sains, dan sikap ilmiah. Dari data hasil observasi pra-siklus yang dilakukan pada tanggal 2 Mei 2013 di kelas VIII-A MTs N 1 Jember, diperoleh bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil observasi dimana hanya (60 %) dari 25 siswa yang memperhatikan penjelasan guru, (20%) dari jumlah siswa yang berantusias untuk bertanya, dan (16 %) dari jumlah siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru atau menyimpulkan hasil belajar. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa juga masih tergolong rendah, dari jumlah siswa hanya (40%) yang tuntas dan sisanya belum tuntas. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran interaktif berbasis konsep dengan tujuan agar para pembelajar aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun secara fisik, sehingga tercipta pembelajaran interaktif yang edukatif dengan ciri: (1) berfokus pada penanaman konsep (concept first); (2) menggunakan metode demonstrasi; (3) kolaborasi dalam kelompok kecil; dan (4) mengutamakan diskusi kelas. Kemudian dalam meningkatkan hasil belajar siswa juga perlu diperhatikan dalam meningkatkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima vii pengalaman belajarnya, kemampuan tersebut meliputi kemampuan siswa secara verbal, matematis, gambar, dan grafik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII-A MTs N 1 Jember tahun ajaran 2012/2012 yang dimulai tanggal 2 Mei 2013 sampai dengan 30 Mei 2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang keaktifan siswa diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Keaktifan siswa pada prasiklus termasuk kategori tidak baik (32 %), pada siklus 1 sebesar 77,75% (termasuk dalam kriteria yang aktif), siklus 2 sebesar 81% (termasuk dalam kriteria yang sangat aktif), dan pada siklus 3 sebesar 82,75 % (termasuk dalam kriteria yang sangat aktif). Sedangkan untuk keterampilan proses sains siswa secara klasikal pada siklus1 termasuk dalam kriteria cukup baik, pada siklus 2 termasuk dalam kriteria baik, dan pada siklus3 termasuk dalam kriteria baik. Data tentang peningkatan kemampuan Multirepresentasi fisika siswa yakni diperoleh skor rata-rata untuk representasi verbal dengan nilai N-gain sebesar 0,62 (termasuk dalam kriteria sedang), representasi matematik dengan nilai N-gain sebesar 0,57 (termasuk dalam kriteria sedang), representasi gambar dengan nilai Ngain sebesar 0,66 (termasuk dalam kriteria sedang), dan representasi grafik juga mengalami peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,74 (termasuk dalam kriteria tinggi). Adapun peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah (52 %) yang tuntas dari sebelumnya pada pra-siklus hanya 40 % yang tuntas dari 25 orang siswa. Pada siklus 2 dan 3 sebesar (80 %) yang tuntas dari 25 orang siswa. Hasil analisis data hingga pada siklus 3 (pemantapan) ini secara garis besar telah menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif berbasis konsep dapat meningkatkan kemampuan multirepresentasi dan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VIII-A di MTs N 1 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192056;
dc.subjectKemampuan Multirepresentasien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTI- REPRESENTASI FISIKA SISWA KELAS VIII-A MTs N 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record