dc.contributor.author | Astutik, Sri | |
dc.date.accessioned | 2013-06-26T06:08:27Z | |
dc.date.available | 2013-06-26T06:08:27Z | |
dc.date.issued | 2013-06-26 | |
dc.identifier.issn | 2085 – 7519 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/427 | |
dc.description.abstract | Siklus Belajar merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan
konstruktivis. Learning Cycle atau disingkat LC dalam penelitian ini adalah model
student-centered learning. Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Sains
Learning Cycle dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di
SDN Patrang Jember I dengan nilai rata-rata jawaban yang benar sebesar 80,25%.
Aktivitas Belajar menggunakan Model Siklus Belajar dengan metode eksperimental di
VB siswa kelas SDN Patrang Jember 1 mencapai nilai rata-rata 83,17% tergolong
sangat aktif. Dengan demikian model Learning Cycle dengan metode eksperimental
dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi calon guru terutama dalam strategi
pembelajaran berbasis lingkungan yang akan dapat memberikan kontribusi bagi
kemajuan pendidikan nasional. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar;Volume 1 Nomor 2 September 2012 | |
dc.subject | Metode eksperimen, siklus belajar, aktivitas belajar | en_US |
dc.title | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) BERBASIS EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN SAINS DI SDN PATRANG I JEMBER | en_US |
dc.type | Article | en_US |