dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran pada
Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81 Jember. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif mengenai implementasi strategi bauran promosi yang diterapkan
pada Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81 Jember dan kesimpulan diambil secara
induktif yaitu dari hal-hal yang bersifat khusus yaitu strategi bauran promosi ke halhal
yang bersifat khusus yaitu pengimplementasian strategi bauran promosi di dalam ruang lingkup Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81 Jember. Deskripsi penelitian ini
menjelaskan tentang pelaksanaan strategi bauran promosi dalam rangka menarik
siswa baruuntuk belajar diLBB Delta 81 Jember. Penelitian menggambarkan strategi
bauran
promosi yang dijalankan pada LBB Delta 81 Jember. Kebenarannya dicari
melalui triangulasi yaitu membandingkan data yang diperoleh dari perusahaan
dengan hasil wawancara dengan informan terkait dengan pelaksanaan kegiatan
promosi, strategi dan implementasi strategi bauran promosi yang diterapkan pada
Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81 Jember serta hasil dari penelitian yang
diperoleh. Hasil penelitian menunujukkan bahwa Lembaga Bimbingan Belajar Delta
81 Jember menggunakan tiga dari empat bauran promosi sebagai acuan dari kegiatan
strategi promosi yang dilakukan. Bauran promosi yang digunakan tersebut adalah
melalui iklan, promosi penjualan, dan personal selling. Iklan yang digunakan oleh
Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81 Jember adalah brosur, pamflet, spanduk,
baliho, dan poster. Promosi penjualan yang dilakukan Lembaga Bimbingan Belajar
Delta 81 Jember adalah dengan melalui pengadaan try out, kelas coba gratis,
menyeponsori acara-acara atau event yang diadakan mahasiswa setempat, dan melalui
potongan biaya bimbel bagi siswa/siswi Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81
Jember apabila mereka mengajak teman untuk belajar di LBB Delta 81 Jember.
Sedangkan personal selling yang dilakukan oleh Lembaga Bimbingan Belajar Delta
81 Jember adalah melalui kerja sama antar sekolah yang diadakan hampir tiap
minggu. Dengan dijalankannya tiga dari empat bauran promosi diatas, Lembaga
Bimbingan Belajar Delta 81 Jember telah mampu melaksanakan implementasi
strategi promosi yang telah disusun dengan perencanaan yang matang sebelumnya.
Implementasi strategi promosi yang bersumber dari bauran promosi diatas telah
diterapkan pada Lembaga Bimbingan Belajar Delta 81 Jember sampai akhir tahun
2010 dan berjalan efektif karena tujuan dan target dari implementasi strategi bauran
promosi untuk menarik siswa baru telah berhasil dicapai.
Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember. | en_US |