dc.description.abstract | Peningkatan
kualitas pendidikan, tentu saja tidak terlepas dari proses belajar
mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Dua faktor yang cukup berpengaruh
dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pemilihan
sumber belajar yang digunakan dan
metode pembelajaran yang sesuai
. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang bertujuan untuk menghasilkan produk
berupa bahan ajar sesuai dengan
kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran
ekonomi. Produk tersebut yaitu Buku
Siswa
dan Multimedia Interaktif untuk Kompetensi Dasar Mendeskripsikan
Kebijakan Pemerintah di Bidang
Fiskal.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui efektifitas bahan
ajar yang dikembangkan
(Buku Siswa dan Multimedia Interaktif) dalam mencapai
tujuan pembelajaran; efisiensi bahan ajar yang dikembangkan (Buku Siswa dan
Multimedia Interakt
if) dalam meningkatkan pemahaman siswa kaitannya dengan
waktu yang dimanfaatkan; dan daya tarik bahan ajar yang dikembangkan (Buku
Siswa dan Multimedia Interaktif)
meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran.
Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan
bahan ajar yang efektif, efisien, dan
berdaya tarik bagi siswa
dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan
pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA
Negeri
5 Jember. Penelitian dilaksanakan dengan didahului kegiatan (1) Pendahuluan,
yaitu melakukan
kajian teori, analisis kebutuhan kepada siswa dan guru mata
pelajaran Ekonomi kelas XI IPS
terhadap bahan ajar dan metode yang digunakan, dan
merancang desain produk; (2) Pe
ngembangan melalui validasi dan kegiatan ujicoba
kelompok terbatas dan lebih luas yang masing
-masing dilaksanakan dalam dua tahap;
vii
(3) Uji Produk yang dilaksanakan secara eksperimental bersamaan dengan tahap
pengembangan.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2,
dan XI IP
S 3. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas
XI IPS 3, sedangkan sampel untuk kelas kontrol, yaitu siswa kelas XI IPS 1.
Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode
tes, angket,
wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini, yaitu uji validasi oleh dosen pembimbing sebagai ahli di bidang
pengembangan bahan
ajar dan data dianalisis secara eksperimental dengan
menggunakan uji t.
Berdasar
kan hasil analisis data, efektifitas bahan ajar dalam mencapai tujuan
pembelajaran dapat diketahui berdasarkan
hasil uji t (t-test). Pada ujicoba kelompok
lebih luas, diperoleh nilai | t hitung | > dari t table atau |
-5,499 | > 1,999 sehingga
dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kel
ompok kontrol dan perlakuan
memberikan hasil yang berbeda nyata.
Efisiensi bahan ajar diketahui dari tingkat pemahaman siswa yang maksimal
dengan pemanfaatan waktu yang semakin berkurang. Pada ujicoba kelompok lebih
luas
diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu pada kelompok
eksperimen sebanyak 2 pertemuan (2×45 menit), sedangkan pada kelompok kontrol
sebanyak 4 pertemuan (2
×45 menit) dengan rata-rata nilai posttes pada kelompok
eksperimen sebesar 84,060, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 71,387.
Daya tarik bahan ajar diketahui dari minat siswa terhadap bahan ajar dengan
metode proyek yang dikembangkan. Berdasarkan rekapitulasi hasil respon, diketahui
bahwa
± 80 % siswa menyatakan berminat dan senang menggunakan bahan ajar
dalam pem
belajaran.
Berdasarkan analisis data hasil ujicoba pada kelompok terbatas dan kelompok
luas
yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa bahan ajar bentuk buku siswa dan
multimedia
interaktif, sesuai untuk pembelajaran ekonomi Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
Kebijakan Pemerintah di Bidang Fiskal di SMA Negeri 5 Jember
kelas XI IPS Tahun Pelajaran 2012/2013. | en_US |