Show simple item record

dc.contributor.authorElok Dwi Pertiwi
dc.date.accessioned2013-12-04T23:54:59Z
dc.date.available2013-12-04T23:54:59Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM060210391186
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4253
dc.description.abstractPada suatu proses pembelajaran di sekolah tidak akan pernah terlepas dari adanya pemberian tugas dari guru kepada siswa. Adanya pemberian tugas ini menyebabkan guru harus dengan teliti memperhatikan kinerja siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan tersebut. Ketika seorang siswa mengerjakan tugas yang diberikan, guru harus dengan aktif dapat memberikan penguatan baik penguatan yang positif maupun penguatan yang negatif. Ketika seorang siswa telah berhasil mengerjakan tugas yang diberikan maka guru akan memberikan penguatan yang bersifat positif. Akan tetapi jika seorang siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan tugas atau tidak mengerjakan tugas yang diberikan, maka guru akan memberikan penguatan yang bersifat negatif. Pemberian penguatan oleh guru ini dimaksudkan agar siswa memiliki semangat belajar yang lebih baik daripada sebelumnya, sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan variabel pemberian penguatan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui salah satu variabel pemberian penguatan terdiri dari penguatan positif dan negatif yang memiliki pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2012/2013. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu variabel pemberian penguatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013 dan salah satu dari variabel pemberian penguatan vii terdiri dari penguatan positif dan negative memiliki pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan metode proportional random sampling yaitu sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, garis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian penguatan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pakusari. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F tabel square Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian penguatan memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan dengan diberikannya penguatan oleh guru kepada siswa maka siswa akan marasa percaya diri, senang, dan antusius dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, sehingga dapat membuat prestasi belajar siswa menjadi lebih baiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391186;
dc.subjectPRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PAKUSARIen_US
dc.titlePENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record