Show simple item record

dc.contributor.authorYunan Helmi El Faris
dc.date.accessioned2013-12-04T22:08:43Z
dc.date.available2013-12-04T22:08:43Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210201026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4250
dc.description.abstractAnak usia dini adalah usia ketika seorang anak memasuki masa keemasan atau usia golden age. Disebut demikian karena pada usia ini merupakan masa kritis dalam tahap perkembangan hidup seseorang. Masa ini adalah saat yang tepat untuk meletakkan pondasi atau dasar-dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama.Mandiri pada anak adalah bagaimana anak belajar untuk mencuci tangan, makan, memakai pakaian, mandi, atau buang air kecil/besar sendiri. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Bagaimanakah peranan pendidik PAUD dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012?” yang bertujuan untuk mengetahui peranan pendidik PAUD dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi bekal sebelum terjun langsung sebagai pendidik yang profesional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena jenis penelitian ini adalah penelitian sosial.Daerah atau tempat penelitian ditetapkan di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian dengan waktu selama 6 bulan antara bulan Januari s/d bulan Juni 2012. Informan kunci pada penelitian ini yaitu tiga orang pendidik tetap di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo dan informan pendukung yaitu, Pengelola PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo serta 3 orang tua peserta didik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder.Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang dipakai adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi,dan menganalisisnya menjadi 3 cara yaitu Reduksi data, Display data dan Pengambilan keputusan dan verifikasi. Dari beberapa pengolahan data diatas hasilnya dapat membantu peneliti untuk menemukan gambaran data yang diinginkan yang kemudian diolah untuk menemukan data yang lebih valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidik PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo telah mampu melakukan peranannya sebagai seorang pendidik dengan sangat baik. Hal ini ditandai dengan semakin baiknya kemandirian yang dimiliki peserta didik jika dibandingkan saat mereka baru memasuki sekolah dengan ketika mereka telah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan Saran Pendidik memiliki peran yang sangat penting bagi peningkatan kemandirian anak. Bagi anak didik yang belum mampu meningkatkan kemandiriannya, akan lebih baik apabila pendidik di sekolah memberikan tugas yang berbeda dengan teman-temanya yang sudah mampu meningkatkan kemandiriannya serta untuk menghindari kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar sebaiknya kegiatan dilakukan diluar kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201026;
dc.subjectPendidik PAUD, Kemandirian Anak Usia Dinien_US
dc.titlePERANAN PENDIDIK PAUD DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD NAHLA DESA JATIBANTENG KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record