Show simple item record

dc.contributor.authorUlfa Yuny Safitri
dc.date.accessioned2013-12-04T21:56:10Z
dc.date.available2013-12-04T21:56:10Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210201042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4246
dc.description.abstractPlay group menurut Depdiknas Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun lokasi penelitian dilakukan di Play Group Puspa Hati yang beralamat di Jl.Letjen Suprapto 99 Jember 68122 dengan purposive sampling. Informan sebgai sumber data terdiri dari guru, orang tua murid serta kepala sekolah. Adapun sumber data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk kemudian diolah dengan cara triangulasi, setelah data diolah kemidian dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan playgroup dalam membantuk karakter anak usia dini dan proses pembelajaran serta pembiasaan yang dilakukan sehari-hari. Sedangkan manfaat dari penelitian ini peneliti mengetahui proses pembelajaran dalam playgroup untuk membentuk anak berkarakter. Penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan play group dalam membentuk karakter anak usia dini penelitian tentang play group sebagai tempat pendidikan, sebagai tempat pembelajaran dan sebagai tempat bermain dilaksanakan menggunakan metode wawancara. Pada penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian dan aktivitas yang berlangsung di Play Group Puspa Hati terhadap peserta didik. Melalui pendidikan serta pembelajaran yang disampaikan oleh guru terhadap peserta didik adakah karakter yang terdapat pada peserta didik yang di antaranya karakter disiplin, mandiri, tanggung jawab, kreati dan jujur. Untuk mengetahui karakter tersebut menggunakan metode wawancara dan observasi. Adapun observasi yang dilakukan terhadap aktivitas peserta didik sehari-hari saat berada dilingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan play group puspa hati kecamatan Sumbersari kabupaten Jember sangat berpengaruh dengan pembentukan karakter anak sejak dini. Hal ini didukung dengan pendapat para orang tua anak didik karena memiliki perubahan terhadap putra-putrinya. Adapun saran untuk lembaga play group puspa hati agar menambah sarana dan prasarana demi mendukungnya pelaksanaan pembelajaran, selain itu untuk kurikulum lebih difokuskan agar benar-benar mampu membentuk anak yang berkualitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201042;
dc.subjectPlaygroup, Karakter Anak Usia Dini, Playgroup Puspa Hati Kecamatan Sumbersarien_US
dc.titlePERANAN PLAYGROUP DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI PLAYGROUP PUSPA HATI KECAMATAN SUMBER SARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record