Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI WARDANI
dc.date.accessioned2013-12-04T21:40:10Z
dc.date.available2013-12-04T21:40:10Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210201021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4241
dc.description.abstractPendidikan karakter sebagai suatu proses pendidikan secara holistis yang menghubungkan dimensi moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik sebagai fondasi bagi terbentuknya generasi yan berkualitas yang mampu hidup mandiri dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada pendidikan formal pendidikan karakter kurang diperhatikan oleh para pendidik. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran di pendidikan formal cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas tekstual semata. Semua itu bisa diperoleh di lembaga pendidikan pesantren, yang menyeimbangkan pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Pondok pesantren sebagai satuan pendidikan luar sekolah merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana konstribusi pesantren terhadap pendidikan karakter di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Penentuan tempat penelitian yang digunakan menggunakan metode purposive sampling yaitu menentukan daerah penelitian pada suatu tempat tertentu dengan maksud untuk mencari lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Pelaksanaan penelitian 6 bulan mulai bulan januari sampai dengan bulan juni tahun 2012. Metode penentuan informan adalah dengan menggunakan metode populasi dikarenakan jumlah informan yang terhingga dan dapat dijangkau peneliti. Informan kunci dari penelitian ini adalah kyai sepuh pondok pesantren Miftahul Ulum dan para ustadz maupun ustadzah serta pengurus pondok pesantren, sedangkan informan pendukungnya adalah para santri. Metode pengumpulan data diambil dari hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data utama dilakukan melalui wawancara dan observasi menggunakan check list, sedangkan data pelengkap diperoleh dari dokumentasi. Metode pengolahan data observasi dilakukan dengan cara editing, coding, scoring dan tabulating, sedangkan pengolahan data pada wawancara menggunakan triangulasi dengan sumber. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pesantren ternyata dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pendidikan karakter santri karena pendidikan yang diberikan dan dilaksanakan oleh keluarga tidak selengkap yang diberikan oleh pondok pesantren. Sebab di pondok pesantren memberikan pendidikan umum yang berlandaskan agama. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis pendidikan karakter santri yang rata – rata 75 % karakter santri menyatakan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan bagi pondok pesantren, yaitu diharapkan untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas serta meningkatkan kerjasama antar pondok pesantren supaya bisa saling berbagi ilmu dengan pondok pesantren lainen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201021;
dc.subjectKontribusi Pesantren, Pendidikan Karakte r Santri, Pondok Pesantren Miftahul Ulumen_US
dc.titleKONTRIBUSI PESANTREN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BESUKI SITUBONDO TAHUN 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record