• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANAN PANTI ASUHAN DALAM PEMBINAAN MORAL ANAK ASUH di PANTI ASUHAN YATIM PIATU NUR MOELYANI CUMEDAK - SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER TAHUN 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Holifa - 080210201020 (2)_1.pdf (213.9Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Nur Holifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada dasarnya keutuhan keluarga sangat penting dan diperlukan dalam pengasuhan anak guna mengajarkan norma-norma atau aturan-aturan dan nilai-nilai dalam masyarakat serta memberikan pendidikan pada anak. Karena kualitas moral yang tinggi dibutuhkan untuk membuat anak sukses dalam kehidupan di rumah maupun di sekolah. Anak membutuhkan keterampilan moral bukan hanya sekedar prestasi akademik terutama dalam berhubungan dengan orang lain. Namun bagi anak yang tidak mempunyai keluarga secara utuh karena disorganisasi keluarga seperti meninggalnya salah satu atau kedua orang tua dan krisis ekonomi keluarga, proses pengajaran norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat menjadi kurang mendapat perhatian sehingga pendidikan terabaikan. Maka salah satu cara yang dilakukan agar anak tetap dalam pengasuhan adalah dengan menampung anak-anak tersebut ke dalam suatu wadah yaitu panti asuhan. Panti Asuhan adalah wadah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anak dengan cara mengasuh, membina, mendidik, dan memberikan kasih sayang sehingga mempunyai potensi dan kualitas baik minat, bakat maupun keterampilan yang diberikan. Dengan demikian peranan panti asuhan adalah mengambil alih atau mengimbangi lemahnya peranan keluarga dan juga sebagai pengasuh, pembina dan pendidik anak asuh, agar mereka mampu mengembangkan pribadi, potensi dan kemampuannya secara wajar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif karena penelitian ini tidak bermaksud untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimana peranan panti asuhan dalam pembinaan moral anak asuh di Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani. vii Daerah atau tempat penelitian ini ditetapkan di Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani Cumedak-Sumberjambe Kabupaten Jember ditetapkan menggunakan metode porposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang di anggap tepat untuk penelitian. Berdasarkan informan kunci, yaitu kepala Panti Asuhan dan informan pendukung 3 pengasuh di panti asuhan. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara langsung untuk mendapatkan data yang valid. Penelitian tentang peranan panti asuhan sebagai tempat mengasuh, membina dan sebagai tempat mendidik anak asuh dilaksanakan menggunakan metode wawancara. Pada penelitian ini untuk mengetahui pembinaan moral yang diterapkan kepada anak asuh melalui aktivitas sehari-hari dan pendidikan yang diberikan di Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani. Melalui mengasuh, membina dan mendidik yang diberikan oleh pengasuh terhadap anak asuh yaitu adakah peranan Panti Asuhan dalam pembinaan moral anak asuh yang diantaranya tingkah laku dan sikap. Untuk mengetahui pembinaan moral tersebut menggunakan metode wawancara dan observasi adapun observasi yang dilakukan yaitu terhadap aktivitas anak asuh seharihari saat berada di Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani Cumedak-Sumberjambe Kabupaten Jember sangat berpengaruh dalam pembinaan moral anak asuh. Hal ini terbukti dengan adanya penerapan tata tertib dan berbagai pembinaan yang diberikan sehingga terjadi perubahan perilaku anak asuh ke arah yang lebih baik setelah tinggal di Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani. Adapun saran yang diberikan untuk Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani yaitu, hendaknya lebih mengembangkan potensi atau bakat yang dimiliki anak asuh melalui kegiatan-kegiatan yang ada di Panti Asuhan Yatim Piatu Nur Moelyani.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4240
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository