dc.description.abstract | Ada banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan di TK. Namun, yang
terpenting dalam mengembangkan model pembelajaran bagi TK harus memerhatikan
kebutuhan perkembangan berfikir tersebut. Tetapi berdasarkan sifat dan karakter anak
usia dini, maka pembelajaran di TK bersifat tematik yang dilakukan secara integratif
yang mana tidak dapat dilakukan dengan metode tunggal. Kondisi semacam ini sudah
diterapkan di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember model
pembelajaran yang digunakan adalah tematik yang mana dilakukan secara integratif,
artinya bahwa pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) tidak bisa dilakukan
dengan metode tunggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah
pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengembanagn daya pikir anak di kelompok
B2 Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengembangan daya pikir
anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Indria II Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini (a) bagi peneliti : menambah
wawasan ilmu pengetahuan; (b) bagi orang tua : sebagai bukti bahwa telah
menyelesaikan tugas akhir perkuliahan; (c) bagi TK Dharma Indria II : sebagai
tambahan acuan dalam mengamati perkembangan anak; (d) bagi Program Pendidikan
Luar Sekolah : secara keilmuan dapat dijadikan masukan dalam upaya untuk
mengembangkan kontribusi PLS di masyarakat; (e) bagi perguruan tinggi : sebagai
dedikasi atas pengabdian selama menjalani studi perkuliahan sebagai wujud Tri
Darma Perguruan Tinggi terutama dibidang penelitian serta menjalin hubungan baik
antara Perguruan Tinggi dengan masyarakat.
Penelitian ini dilakukan di kelompok B2 TK Dharma Indria II Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember dengan jumlah anak didik 18 orang. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana tidak berkenaan dengan angka-
angka akan tetapi hanya mendeskripsikan kejadian yang diamati. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data dan verifikatif. Pada saat dilakukan observasi pada pertemuan pertama diketahui
persentasi daya pikir anak yang meliputi perkembangan kognitif 91,2%, kreativitas
melalui hasta karya 83,3% dan kreativitas melalui bahasa 81,74%. Sedangkan pada
pertemuan kedua diperoleh persentasi daya pikir anak yang meliputi perkembangan
kognitif 96, 03%, kreativitas melalui hasta karya Ψ dan kreativitas melalui
bahasa 83,3%. Berdasarkan data tersebut, maka anak didik di kelompok B2 TK
Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dikatakan terdapat
pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengambangan daya pikir anak.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tematik
terhadap pengembangan daya pikir anak di kelompok B2 TK Dharma Indria II
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hal ini dapat diketahui dari aktivitas anak
didik melalui pencapaian indikator perkembangan kognitif dan kreativitas anak
melalui hasta karya dan bahasa yang telah ditentukan oleh masing- masing anak didik
yang lebih baik. Saran yang diberikan adalah Bagi guru TK dharma Indria II
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember pembelajaran akan lebih maksimal jika
pendidik atau guru di kelmpok B2 terdiri dari 2 orang, karena dengan begitu guru
dapat maksimal dalam mendampingi anak. Karena anak usia dini membutuhkan
perhatian yang lebih dalam membantu mengembangkan daya pikir mereka. | en_US |