Show simple item record

dc.contributor.authorAnnisa’ul Mufidah
dc.date.accessioned2013-12-04T11:19:37Z
dc.date.available2013-12-04T11:19:37Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4186
dc.description.abstractMembaca puisi merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Kenyataannya, kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 masih rendah, seperti tampak pada kurangnya pengalaman siswa dalam membacakan puisi, berekspresi dan gerak. Begitu juga penggunaan nada, intonasi yang datar, kurang bervariasi, sehingga penjiwaan siswa masih kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar, yaitu melalui kegiatan mengapresiasi lagu populer anak karena syair lagu pada dasarnya sama dengan syair sebuah puisi, selain itu siswa SD menyukai bernyanyi, sehingga dengan media lagu siswa dapat termotivasi dalam belajar membaca puisi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan kegiatan mengapresiasi lagu populer anak dalam pembelajaran membaca puisi untuk meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun Pelajaran 2012/2013?, dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti kegiatan mengapresiasi lagu populer anak? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan mengapresiasi lagu populer anak dalam pembelajaran membaca puisi untuk meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun Pelajaran 2012/2013, dan 2) untuk meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah kegiatan mengapresiasi lagu populer anak. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN Kemuningsari Kidul 01. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan lagu populer anak dan kemampuan apresiasi puisi siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran apresiasi puisi melalui apresiasi lagu populer anak siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 berjalan dengan baik. Guru membimbing siswa dalam memahami lirik lagu dan meminta siswa menyanyikan lagu “Kasih Ibu” di depan kelas agar siswa lebih percaya diri dan lebih memahami makna dari lagu tersebut sebelum melakukan tes unjuk kerja membacakan puisi. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membacakan puisi. Pada tahap prasiklus, dari 20 siswa, hanya 8 siswa (40%) yang mencapai ketuntasan hasil belajar. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 13 siswa (65%), sedangkan pada siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 17 siswa (85%). Saran untuk guru, hendaknya menerapkan pembelajaran apresiasi puisi melalui apresiasi lagu populer anak ataupun media pembelajaran yang lainnya yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan membacakan puisi dapat meningkat. Saran bagi peneliti lain,diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204009;
dc.subjectKEMAMPUAN APRESIASI PUISI, MELALUI KEGIATAN MENGAPRESIASI LAGU POPULER ANAKen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELALUI KEGIATAN MENGAPRESIASI LAGU POPULER ANAK PADA SISWA KELAS V SDN KEMUNINGSARI KIDUL 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record