Show simple item record

dc.contributor.authorAndika
dc.date.accessioned2013-12-04T10:55:38Z
dc.date.available2013-12-04T10:55:38Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4176
dc.description.abstractRendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam mengajarkan materi pelajaran. Hasil ulangan harian yang didapatkan siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso dalam pelajaran IPS Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 vii meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV melalui metode problem solving dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso; dan 2) Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Binakal Bondowso, dimulai pada tanggal 21 Januari 2013 sampai tanggal 4 Mei 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 anak, terdiri dari 11 lakilaki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pertemuan pertama merupakan tindakan pembelajaran menggunakan metode problem solving, dan pertemuan kedua merupakan pemberian postest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Siklus kedua merupakan perbaikan dari siklus pertama. Analisis data pada akhir siklus diketahui aktivitas belajar mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 42,17% menjadi 74,34% pada siklus I. peningkatan dari pra silus ke siklus I sebesar 32,17%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,52% dari siklus I sebesar 74,34% menjadi siklus II sebesar 85,86%. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 60,8% menjadi 73,91% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,11% dari pra siklus ke siklus I. sedangkan Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,94% dari siklus I sebesar 73,91% menjadi siklus II sebesar 86,85%. Guru disarankan menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVdalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso pada siklus I dan siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204109;
dc.subjectMETODE PROBLEM SOLVING,AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA,PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIALen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN BINAKAL BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record