Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Makhrus S
dc.date.accessioned2013-12-04T10:48:02Z
dc.date.available2013-12-04T10:48:02Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4174
dc.description.abstractKeterampilan menulis terutama menulis puisimerupakan salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan pada setiap peserta didik pada tingkatan sekolah dasar. Hal ini dikarenakan melalui kemampuan menulis yang dimilikinya, siswa diharapakan dapat menyerap berbagai pengetahuan yang sebagian besar disampaikan melalui tulisan. Kenyataannya, masih banyak dijumpai siswa yang kesulitan dalam melaksanakan kegiatan menulis terutama dalam hal menulis puisi karena ketertarikan siswa dalam membuat puisi kurang disebabkan kurangnya penguasaan kosakata yang dimiliki siswa. Salah satu penyebab dari munculnya permasalahan di atas adalah karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru serta kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu metode Picture and Picture.Picture and Picture merupakan metode pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis , sehingga diharapkan dalam pembelajran menulis puisi dengan menggunakan metode Picture and Picture ini kemampuan menulis puisi siswa menjadi meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 Jember. Kedua, untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan metode Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah penelit ian tindakan kelas Hasil pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode Picture and Picture ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pert emuan dan siklus 2 terdiri atassatu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa, hal ini dapat terlihat dari siswa telah mampu menulis judul, menyusun kata, mengembangkan kata menjadi kalimat, menata kali mat menjadi puisi dengan memperhatikan kesesuaian isi dengan judul, dan keruntutan isi puisi dengan judul. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57,90% mengalami peningkatan sebesar 15,79% menjadi 73,69% pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapaan metode Picture and Picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 Jember. Saran dari penelitian ini kepada guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagi sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan cara menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan bagi peneliti lain adalah apabila akan menggunakan metode Picture and Picture hendaknya mempersiapkan segalanya dengan matang agar dapat diperoleh hasil yang maksimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204100;
dc.subjectPAIKEM DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE,KEMAMPUAN MENULIS PUISIen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PAIKEM DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI PANCAKARYA 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record