dc.description.abstract | Minat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena apabila bahan pelajaran
yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tidak akan belajar
dengan sebaik-baiknya, karena tidak ada daya tarik baginya. Minat mempengaruhi
hasil belajar siswa dan akan membantu siswa untuk mempelajari pelajaran yang
diminatinya. Guru perlu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pelajaran yang diajarkan. Berdasarkan
hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas V SDN Babakan 1
Lumajang diketahui pembelajaran IPS yang berlangsung masih belum optimal dilihat
dari minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Skor rata-rata minat belajar
siswa kelas V hanya sebesar 10,19 dan termasuk kategori rendah. Sedangkan nilai
ujian tengah semester dari 21 siswa, terdapat 12 siswa yang tuntas dengan persentase
57,14%, dan terdapat 9 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 42,86%, padahal
ketuntasan belajar klasikal harus mencapai 75% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata
kelas yaitu 62,33, sementara nilai yang diharapkan adalah 65 sehingga hasil
pembelajaran yang dicapai tidak optimal. Kesulitan yang dialami guru dalam
pembelajaran IPS yaitu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata
pelajaran IPS. Permasalahan di dalam proses belajar mengajar tersebut harus segera
diatasi. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dalam
pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar
siswa yang masih rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan
minat belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di
SDN Babakan 1 Lumajang ?, dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa
kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas
V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?, dan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta
konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik
Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?
Penelitian ini dilakukan di SDN Babakan 1 Lumajang, Subjek penelitian yaitu
kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 7 siswa
laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes.
Hasil analisis dari penggunaan strategi peta konsep yaitu persentase dari minat
belajar yang diukur melalui observasi minat belajar siswa pada siklus I diperoleh
sebesar 68,75%. Pada siklus II penilaian minat belajar melalui observasi minat belajar
siswa diperoleh sebesar 77,38%. Berdasarkan persentase minat belajar siswa dari
prasiklus, siklus I dan siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 5,06% dan dari siklus I ke siklus II
sebesar 8,63%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal melalui tes
hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 72,67. Pada siklus II diperoleh
sebesar 84,48, sehingga mengalami peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus
I sebesar 10,34 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,81. Ketuntasan hasil belajar
siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,19%, pada siklus II sebesar 85,71%,
sehingga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 19,05% dan dari
siklus I ke siklus II sebesar 9,52%.
Diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu bagi guru penggunaan strategi
peta konsep dapat dijadikan altern | en_US |