Show simple item record

dc.contributor.authorAlex Setiawan
dc.date.accessioned2013-12-04T10:31:44Z
dc.date.available2013-12-04T10:31:44Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4167
dc.description.abstractMinat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, karena tidak ada daya tarik baginya. Minat mempengaruhi hasil belajar siswa dan akan membantu siswa untuk mempelajari pelajaran yang diminatinya. Guru perlu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pelajaran yang diajarkan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas V SDN Babakan 1 Lumajang diketahui pembelajaran IPS yang berlangsung masih belum optimal dilihat dari minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Skor rata-rata minat belajar siswa kelas V hanya sebesar 10,19 dan termasuk kategori rendah. Sedangkan nilai ujian tengah semester dari 21 siswa, terdapat 12 siswa yang tuntas dengan persentase 57,14%, dan terdapat 9 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 42,86%, padahal ketuntasan belajar klasikal harus mencapai 75% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata kelas yaitu 62,33, sementara nilai yang diharapkan adalah 65 sehingga hasil pembelajaran yang dicapai tidak optimal. Kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran IPS yaitu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran IPS. Permasalahan di dalam proses belajar mengajar tersebut harus segera diatasi. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan minat belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?, dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ? Penelitian ini dilakukan di SDN Babakan 1 Lumajang, Subjek penelitian yaitu kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil analisis dari penggunaan strategi peta konsep yaitu persentase dari minat belajar yang diukur melalui observasi minat belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 68,75%. Pada siklus II penilaian minat belajar melalui observasi minat belajar siswa diperoleh sebesar 77,38%. Berdasarkan persentase minat belajar siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 5,06% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,63%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal melalui tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 72,67. Pada siklus II diperoleh sebesar 84,48, sehingga mengalami peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus I sebesar 10,34 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,81. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,19%, pada siklus II sebesar 85,71%, sehingga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 19,05% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,52%. Diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu bagi guru penggunaan strategi peta konsep dapat dijadikan alternen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204074;
dc.subjectPETA KONSEP, MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIAen_US
dc.titlePENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI SDN BABAKAN 1 LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record