Show simple item record

dc.contributor.authorWardah Rahmawati
dc.date.accessioned2013-12-04T08:14:01Z
dc.date.available2013-12-04T08:14:01Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210103036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4106
dc.description.abstractPembelajaran SPICS merupakan proses pembelajaran yang dilakukan beberapa langkah yaitu pengamatan, melontarkan pertanyaan yang relevan, mengumpulkan data, membuat kesimpulan dan nantinya siswa memperoleh pengalaman belajar yang berguna baginya dan mendorong siswa agar menemukan sendiri permasalahan yang sedang dihadapi dan mencari solusinya. Model pembelajaran SPICS memungkinkan peserta didik untuk melakukan proses belajar secara aktif, tidak hanya membaca dan mendengar tetapi juga memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih berdiskusi, berpartisipasi, bekerjasama, serta memecahkan masalah-masalah tertentu berkaitan dengan materi pelajaran. Penggunaan model pembelajaran SPICS membuat materi pelajaran mampu disajikan secara menarik sehingga kelas menjadi aktif, namun tidak semua siswa dalam kelompok dapat menguasai materi dengan baik. Ketika ada perbedaan penguasaan materi, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat saling membantu dalam penguasaan materi tersebut. Guru harus mengarahkan tiap siswa agar setiap siswa mampu dan mau mengungkapkan pendapatnya, serta berinisiatif untuk saling berbagi dengan siswa lain dalam penyelesaian tugas atau pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran SPICS (Student Centered, Problem Based, Interest, Confident and Satisfaction) pada mata pelajaran biologi kelas X D SMA Negeri 2 Tanggul Jember; (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran SPICS (Student Centered, Problem Based, Interest, Confident and Satisfaction) pada mata pelajaran biologi kelas X D SMA Negeri 2 Tanggul Jember. vii Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X D SMA Negeri 2 Tanggul Jember sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2013 semester genap tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket. Adapun parameter yang diukur adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa diukur menggunakan angket ARCS, sedangkan hasil belajar siswa yang diukur meliputi aspek kognitif dan aspek afektif. Data aspek kognitif diambil dari hasil tes siswa pada akhir setiap siklus, sedangkan data aspek afektif diperoleh dari pengamatan di kelas selama proses belajar mengajar berlangsung, yang meliputi: (1) tanggung jawab; (2) bekerja sama; (3) bertanya; (4) menyumbang pendapat; (5) pendengar yang baik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan. Adapun peningkatan motivasi siswa yang diukur menggunakan angket ARCS pada aspek Attention mengalami peningkatan sebesar 0,75 atau 18,86%; aspek Relevance meningkat sebesar 0,28 atau 7,02%; aspek Confidence meningkat sebesar 0,4 atau 10,09%; dan untuk aspek Satisfaction meningkat sebesar 0,71 atau 17,76%. Secara klasikal, untuk aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 18,42% yaitu dari 47,37% menjadi 65,79%, sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 21,05% yaitu dari siklus 1 sebesar 65,79% menjadi 86,84% pada siklus 2. Aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata capaian sebesar 10 poin yaitu dari siklus 1 sebesar 73,33 pada siklus 2 menjadi 83,33. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SPICS (Student Centered, Problem Based, Interest, Confident and Satisfaction) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki nilai lebih tinggi bila dibandingkan dengan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum diadakannya siklus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103036;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN SPICS (STUDENT CENTERED, PROBLEM BASED, INTEREST, CONFIDENT AND SATISFACTION)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SPICS (STUDENT CENTERED, PROBLEM BASED, INTEREST, CONFIDENT AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS X D SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record