Show simple item record

dc.contributor.authorReta Yuliani Fajrin
dc.date.accessioned2013-12-04T07:58:35Z
dc.date.available2013-12-04T07:58:35Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4075
dc.description.abstractMencapai keberhasilan belajar sangat bergantung pada kemampuan dan kejelian pendidik/guru dalam memilih sumber-sumber belajar yang ada di lingkungannya sehingga tepat dijadikan sebagai bahan ajar untuk keperluan tujuan belajar tertentu. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar. Berdasarkan hasil angket, disimpulkan bahwa siswa masih cukup banyak merasa kurang senang dalam pembelajaran sistem regulasi manusia dan kurang memahami materi tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan bahan ajar biologi berorientasi pendekatan quantum learning pada pokok bahasan sistem regulasi manusia. Adapun dengan pendekatan quantum learning sebagai format di dalam bahan ajar yang disusun dapat membiasakan siswa belajar nyaman dan menyenangkan. Selain itu, melalui quantum learning siswa akan diajak belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan sehingga siswa akan lebih bebas menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan bahan ajar biologi berorientasi pendekatan quantum learning pada pokok bahasan sistem regulasi manusia kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan menggunakan model 4-D. Tahap pertama adalah define, yakni menetapkan deskripsi pembelajaran dengan menganalisis kendala yang dihadapi. ix viii Tahap kedua adalah design, yakni melakukan perancangan bahan ajar yang akan dikembangkan. Tahap ketiga adalah develop, yakni mengembangkan draf bahan ajar yang sudah direvisi berdasarkan masukan para validator. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi para validator ahli dan validator pengguna serta data respon siswa. Validator ahli terdiri atas tiga dosen pendidikan biologi dan tiga guru SMA di Kabupaten Jember. Selain itu, responden uji coba terbatas adalah siswa kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan lembar validasi. Data yang didapatkan adalah hasil validasi dari validator, hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan, dan hasil respon siswa terhadap buku yang disusun. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa buku siswa biologi diperoleh hasil dengan kriteria kevalidan buku siswa yang sangat valid sebagai bahan ajar sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Adapun hasil validator ahli diperoleh nilai rata-rata 84,2% dari keseluruhan aspek yang dinilai dan validator pengguna diperoleh nilai rata-rata 86,8%. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan juga telah diperoleh hasil keterbacaan dan kesulitan dengan nilai rata-rata 86,3% siswa menyatakan mudah dibaca, serta 13,7% siswa menyatakan sulit dibaca. Ada pula hasil respon siswa terhadap buku siswa diperoleh nilai rata-rata 79,3% merespon positif dan 20,7% merespon negatif. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan bahan ajar biologi berorientasi pendekatan quantum learning pada pokok bahasan sistem regulasi manusia kelas XI SMA diperoleh buku siswa yang sudah dinyatakan sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai pelengkap buku paket biologi dalam melaksanakan pembelajaran biologi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103020;
dc.subjectQUANTUM LEARNINGen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERORIENTASI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM REGULASI MANUSIA (SARAF, ENDOKRIN, DAN INDERA) KELAS XI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record