• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI MENUMBUHKAN KEMAMPUAN SISWA MENGKONSTRUKSI PETA KONSEP SEBAGAI PENUNJANG PENGUATAN MEMORY SKILL SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SUBKONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN (Siswa Kelas VII-A Tahun Pelajaran 2012/2013 SMP N 1 Bondowoso)

    Thumbnail
    View/Open
    Rahma Nur Azizah - 090210103007_1.pdf (142.1Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Rahma Nur Azizah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data hasil observasi yang dilakukan di kelas VII-A SMP Negeri 1 Bondowoso, diperoleh tingkat penguatan memory skill awal dan hasil belajar biologi tergolong rendah. Nilai tingkat penguatan memory skill siswa kelas VII-A yang masuk dalam kreteria baik hanya sebesar 18,51% dari 27 siswa dalam kelas tersebut. Untuk hasil belajar biologi siswa berdasarkan dari data ulangan harian kelas VII-A dari 27 siswa hanya 40,74% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 80 yang menjadi nilai standart KKM yang diterapkan di SMP Negeri 1 Bondowoso. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan strategi pembelajaran direct instruction (pembelajaran langsung) materi pelajaran yang disajikan disampaikan langsung kepada siswa, siswa tidak dituntut untuk mengolahnya. Sehingga kemampuan siswa masih dianggap kurang berkembang terutama untuk kemampuan memory skill mereka. Berdasarkan uraian di atas maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui strategi menumbuhkan kemampuan siswa mengkonstruksi peta konsep sebagai penunjang penguatan memory skill siswa untuk meningkatkan hasil belajar biologi yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri dengan kemampuan mengelola memori (ingatan) mereka pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII-A SMP Negeri 1 Bondowoso semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 23 Mei 2013 sampai dengan 5 Juni 2013 pada subkonsep materi pencemaran lingkungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. ix Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguatan memory skill serta hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Bondowoso, dengan strategi menumbuhkan kemampuan siswa mengkonstruksi peta konsep sebagai penunjang penguatan memory skill dari kegiatan pra siklus, siklus I, sampai siklus II. Siswa yang termasuk dalam kemampuan memory skill kategori baik memiliki persentase kenaikan sebesar 13,79% untuk kenaikan dari kegiatan pra siklus ke siklus I sedangkan 19,13% untuk kenaikan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi menumbuhkan kemampuan siswa mengkonstruksi peta konsep yang digunakan memiliki pengaruh dalam penguatan memory skill siswa. Untuk peningkatan hasil belajar biologi siswa secara keseluruhan menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi dari kegiatan pra siklus hingga kegiatan siklus I maupun siklus II. Berdasarkan dari hasil analisis bahwa terdapat peningkatan sebesar 37,3% dari kegiatan pra siklus ke siklus I atau meningkat 10 siswa yang tuntas belajar. Dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,11% atau 3 siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar pada kegiatan siklus I dan siklus II ini sudah memenuhi standart ketuntasan klasikal yaitu 75%, dan nilai KKM yaitu 80 yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Bondowoso, sehingga pembelajaran pada kegiatan siklus I dan siklus II dapat dikatakan sudah tuntas sehingga serta dapat dihentikan karena telah sesuai dengan tujuan pelaksanaan dari kegiatan penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan strategi menumbuhkan kemampuan siswa mengkonstruksi peta konsep dapat digunakan sebagai penunjang penguatan memory skill siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada subkonsep pencemaran lingkungan siswa kelas VII-A Negeri 1 Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2012/2013.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4070
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository