Show simple item record

dc.contributor.authorDina Novianto
dc.date.accessioned2013-12-04T07:55:30Z
dc.date.available2013-12-04T07:55:30Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM060210301083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4069
dc.description.abstractTes yang diujikan kepada siswa harus memiliki kualitas yang baik. Kualitas sebuah tes dapat dilihat dari validitas ,reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Tes yang telah diujikan pada ujian akhir semester II untuk mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2011-2012 menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Nilai yang diperoleh siswa sebagian besar berada di bawah standar ketuntasan minimal Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah butir soal ulangan akhir semester II bidang studi ekonomi kelas X SMA Negeri 3 Jember tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 30 butir. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ulangan akhir semester II mata pelajaran ekonomi kelas X tahun ajaran 2011-2012 di SMA Negeri 3 Jember yang berjumlah 80 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis rasional dan analisis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal ulangan akhir semester II belum sesuai dengan kaidah penyusunan soal . Hal ini nampak rumusan 4 butir soal yang mengandung kalimat yang tidak diperlukan, pilihan jawaban yang tidak vii homogen, dan pilihan jawaban berupa angka tidak disusun berdasar besar kecinya. Hasil analisis validitas isi butir soal ulangan akhir semester II sudah memenuhi tingkat validitas isi. Tingkat validitas isi memiliki tingkat validitas yang rendah dimana ada 10 dari 30 soal atau 33% dari seluruh soal tidak sesuai dengan indikator soal berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar,. Hasil penelitian juga menunjukkan soal buatan guru memiliki tingkat kesukaran yang tidak proporsional. Perbandingan proporsi soal yang dimiliki guru adalah 7:5:3. Hasil penelitian untuk daya beda menunjukkan 1 soal buatan guru memiliki daya beda yang rendah, 17 soal memiliki tingkat daya beda cukup dan hanya 12 soal yang memiliki daya beda tinggi. Berpedoman pada rumusan permasalahan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa soal ulangan akhir semester II mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Jember tahun ajaran 2011-2012 masih kurang berkualitas sehingga membutuhkan beberapa perbaikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301083;
dc.subjectKUALITAS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER II , SMA NEGERI 3 JEMBER,TAHUN AJARAN 2011-2012en_US
dc.titleANALISIS KUALITAS SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER II MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record