PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA
dc.contributor.author | Ida Ilmiyah | |
dc.date.accessioned | 2013-12-04T07:55:21Z | |
dc.date.available | 2013-12-04T07:55:21Z | |
dc.date.issued | 2013-12-04 | |
dc.identifier.nim | NIM070210301116 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4068 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X- 7 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada materi pokok konsumsi, tabungan, dan investasi semester genap tahun ajaran 2011/2012. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 2,1 yang tergolong sedang dan ketuntasan klasikal mencapai 77,14% dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 74,00 yang berarti belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Pada siklus II kemampuan berpikir kritis menjadi 2,4 yang tergolong tinggi, peningkatan kemampuan berpikir kritis di ikuti oleh peningkatan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 81,28 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,57%, yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan. | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210301116; | |
dc.subject | Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember Materi Pokok Konsumsi, Tabungan, dan Investasi Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012 | en_US |
dc.title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT-Faculty of Teacher Training and Education [14971]
Koleksi Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan