dc.description.abstract | Proses pembelajaran ekonomi yang selama ini berlangsung di SMA
Negeri Arjasa masih secara konvensional, dengan menggunakan media papan
tulis dan bagan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan
kemandirian belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu, guru
harus selektif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran ekonomi khususnya pada kompetensi dasar
mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
Salah satu media yang sesuai dengan karakteristik materi sistem ekonomi
adalah multimedia interaktif. Penggunaan multimedia interaktif diharapkan dapat
membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa
memiliki motivasi dan kemandirian yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan
multimedia interaktif dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar
siswa. 2) Meningkatkan motivasi siswa dengan menggunakan multimedia
interaktif. 3) Meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan
multimedia interaktif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini
menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu
memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
viii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif
dapat meningkatkan motivasi dan kemamdirian belajar siswa kelas X-7 SMA
Negeri Arjasa Kabupaten Jember pada mata pelajaran ekonomi. Pada siklus I
diketahui skor rata-rata motivasi belajar sebesar 2 (kategori sedang) dan
mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 2,5 (kategori tinggi). Sedangkan
skor rata-rata kemandirian belajar sebesar 2,1 (kategori cukup) dan mengalami
peningkatan pada siklus II sebesar 2,6 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil
penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan penggunaan multimedia
interaktif dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. Peneliti
menyarankan kepada Guru ekonomi SMA Negeri Arjasa agar multimedia terus
digunakan sebagai inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk
meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. | en_US |