dc.description.abstract | Hasil analisis observasi partisipasi siswa pada siklus II menunjukkan bahwa partisipasi
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklus.
Partisipasi yang ditunjukkan siswa mendapat kategori tertinggi pada saat mengikuti proses
pembelajaran siklus II, yaitu mendapat kategori sangat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan
peningkatan pada setiap aspek partisipasi, dimana pada partisipasi kontributif, siswa mendapat
kriteria tinggi, sama halnya pada partisipasi inisiatif, siswa mendapat kriteria tinggi. Kondisi
tersebut tercipta karena siswa semakin memahami tujuan pembelajaran serta meningkatnya
tanggung jawab siswa terhadap hasil yang dicapai kelompok, hal tersebut mampu mendorong
siswa berani terlibat dalam proses pembelajaran dan kreatif dalam belajar terutama saat
pemecahan masalah dan menemukan solusi pemecahan masalah. Berdasarkan penjelasanpenjelasan
tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran TSTS dapat
meningkatkan partisipasi belajar siswa | en_US |