Show simple item record

dc.contributor.authorDera Dwi Herawati
dc.date.accessioned2013-12-04T07:23:14Z
dc.date.available2013-12-04T07:23:14Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210103025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3983
dc.description.abstractHasil observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember, ditemukan motivasi siswa yang masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan analisis data hasil angket motivasi ARCS pada tahap pra siklus didapatkan hasil angket motivasi siswa sebesar 69,67% dengan rincian rata-rata aspek attention sebesar 21,70; aspek relevance sebesar 19,16; aspek confidence sebesar 19,78; dan aspek satisfaction sebesar 22,97. Nilai motivasi dari keempat aspek tersebut masih tergolong rendah. Hasil belajar baik pada aspek kognitif dan afektif juga tergolong rendah. Berdasarkan pengolahan data kelas VII C terdapat 81,10% siswa yang tuntas dan hanya 18,90% siswa yang tidak tuntas sedangkan pada aspek afektif ketuntasan kalsikal hanya mencapai 60,81 dan rata-rata capaian sebesar 66,03. Berdasarkan uraian di atas diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperati tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media komik Guna meningkatkan mtivasi dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jenber. Model Numbered Head Together ini memiliki kelebihan yaitu meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik., Pengakuan adanya keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial. Penelitian dilakukan pada bulan Mei tahun 2013 di kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan yaitu pembuatan perangkat pembelajaran, observasi, tindakan dengan menerapkan model pembelajaran NHT dengan media komik dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ix yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yipe NHT dengan media komik pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan kelas VII C semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Semboro Jember. Peningkatan motivasi siswa sebesar 66,43% dengan rincian pada aspek attention sebesar 5,71 (17,85%), aspek relevance meningkat sebesar 4,14 (17,00%), aspek confidence meningkat sebesar 4,65 (16,61%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 4,79 (14,97%). Peningkatan hasil belajar ranah kognitif meningkat sebesar 62,18% sedangkan peningkatan pada ranah afektif sebesar 16,62%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) di SMP Negeri 1 Semboro Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103025;
dc.subjectTipe NHT (Numbered Head Together)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA KOMIK PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR (Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record