Show simple item record

dc.contributor.authorACHMAD FIRMANSYAH
dc.date.accessioned2013-12-04T07:18:33Z
dc.date.available2013-12-04T07:18:33Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3968
dc.description.abstractProses pembelajaran IPS di SDN Klenang Lor II Probolinggo menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan klasikal. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pada aat menggunakan metode diskusi guru hanya menggunakan kelompok sederhana berdasarkan tempat duduk atau menurut nomor absen, sehingga pembelajaran di kelas cenderung pasi f dan tidak menarik. Sebagian siswa tidak memperhatikan pelajaran, cenderung main sendiri dan bergurau mengganggu temannya Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan quantum teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar di SDN Klenang Lor II Probolinggo?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar di SDN Klenang Lor II Probolinggo melalui penerapan quantum teaching dengan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Klenang Lor II Probolinggo kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa lebih senang aktif mengikuti pembelajaran dengan model quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 64% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 59%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 78% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 76%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka terjadi peningkatan pada aktivitas belajar siswa sebesar 14% dan hasil belajar siswa sebesar 17%. Siswa dikatakan tuntas apabila mencapai nilai ≥70. Nilai tersebut diambil berdasarkan KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan qunatum teaching dengan media audio visual terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Klenang Lor II Probolingggo mata pelajaran IPS pokok bahasan pemanfaatan sumber daya alam. Saran yang diberikan adalah bagi siswa, siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar selama kegiatan pembelajaran IPS di kelas dengan menerapkan quantum teaching dengan media audio visual. Bagi guru, penerapan quantum teaching dengan media audio visual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS karena dapat membuat siswa tertarik dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Bagi sekolah, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya menggunakan metode yang tepat agar siswa yang mengikuti proses belajar memperoleh hasil yang maksimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan khuusnya di SDN Klenang Lor II Probolinggo. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar -benar dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa.en_US
dc.relation.ispartofseries090210204055;
dc.subjectQUANTUM TEACHING, SUMBER DAYA ALAMen_US
dc.titlePENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KLENANG LOR II PROBOLINGGO MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAMen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record