dc.description.abstract | Konsep pembelajaran sastra secara umum tersebut, pembelajaran apresiasi sastra merupakan konsep pembelajaran sastra yang secara spesifik, idealnya berorientasi pada upaya untuk menumbuhkembangkan potensi pembelajaran subjek didik; baik itu kognitif, afektif, dan psikomotor. Apresiasi sastra dengan demikian hakikatnya, tidaklah semata terkonsentrasi dengan dunianya sendiri, yakni aspek struktural sastra. Labih jauh dari itu, terkait dan terhubung juga dengan dunia yang melingkupinya. Oleh karena itu, memahami karya sastra dalam konteks tersebut haruslah diletakkan dalam konteks dunia yang melingkupi. Artinya, pembelajaran apresiasi sastra perlu untuk memosisikan diri lebih dekat, bahkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan dunia sosial yang melingkupi dan membentuknya. Pembelajaran apresiasi sastra (baca:prosa) dengan demikian memiliki tanggung jawab sosial terhadap dunia sosial yang melingkupi dan membentuknya. | en_US |