Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Betyas Noer Fadhila
dc.date.accessioned2013-12-04T05:55:44Z
dc.date.available2013-12-04T05:55:44Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210402087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3784
dc.description.abstractPenerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa. Hal tersebut dilakukan karena keterampilan berbicara siswa rendah. Dari 36 siswa, sebanyak 26 siswa atau 73% mendapatkan nilai ≤ 75, sehingga tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Siswa lebih menyukai menulis, daripada berbicara. Metode ERUPT memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih mengerjakan, melakukan, mempraktikkan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, pemberdayaan ahli atau teman sebagai narasumber dan memodifikasi kebiasaan negatif “mencontek” menjadi cara belajar positif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif Tipe ERUPT untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa (2) peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan diskusi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa setelah diterapkan model pembelajaran Bestek-Kreatif Tipe ERUPT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan bersifat partisipan. Data pada penelitian ini berupa hasil pengamatan pada siswa dan guru saat penerapan metode ERUPT untuk keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi, hasil belajar siswa setelah penerapan metode ERUPT untuk keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi, dan hasil wawancara terhadap siswa dan guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah 36 siswa dan guru matapelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa. Hasil penelitian keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa setelah diterapkan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT mengalami peningkatan.siswa yang mencapai ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara dengan nilai ≥ 75 pada tahap prasiklus adalah 19,5% atau 7 siswa, tahap siklus I adalah 44,5% atau 16 siswa, dan tahap siklus II, sebanyak 86% atau 31 siswa. Simpulan yang diambil adalah penerapan metode ERUPT yang meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa berlangsung dengan tahap menggali kemampuan siswa, menceritakan kembali penjelasan guru, dan tes. Keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu, pada prasiklus 19,5%, tahap siklus I meningkat menjadi 44,5%, dan yang mencapai kriteria ketuntasan siklus II meningkat lagi menjadi 86% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya saran yang dapat diberikan, yaitu: 1) bagi guru bahasa Indonesia harus menjelaskan tentang model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT agar siswa tidak mengalami kendala pada saat proses belajar mengajar; 2) bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi, disarankan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kembali keterampilan berbicaranya; 3) bagi peneliti lain disarankan merencanakan pembelajaran seoptimal mungkin, dan 4) bagi penggagas metode ERUPT untuk lebih mengatur kefektifan waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan metode ERUPT.en_US
dc.relation.ispartofseries090210402087;
dc.subjectPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BESTEK-KREATIF,..ISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI ARJASAen_US
dc.titleENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BESTEK-KREATIF TIPE ERUPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI ARJASAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record