Show simple item record

dc.contributor.authorNorma Yuni Riantika
dc.date.accessioned2013-12-04T05:51:27Z
dc.date.available2013-12-04T05:51:27Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210402034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3773
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam penggunaan bahasa Indonesia pada soal UKK SD mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012 Kabupaten Situbondo, masih ditemukan banyak kesalahan. Hal tersebut disebabkan oleh kompetensi guru Sekolah Dasar yang kurang menguasai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia, antara lain: penggunaan ejaan dan tanda baca, penggunaan dan penulisan kata, serta kalimat yang seharusnya ditulis menggunakan kalimat yang efektif dalam soal UKK SD mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3, kelas 4 dan kelas 5. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah bentuk kesalahan ejaan dalam soal UKK SD mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012?, (2) bagaimanakah bentuk kesalahan dan penulisan kata dalam soal UKK SD mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012?, (3) bagaimanakah bentuk kesalahan kalimat yang tidak efektif dalam soal UKK SD mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012?, (4) faktor-faktor apakah yang memengaruhi kesalahan dalam penulisan soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/ 2012 di kabupaten Situbondo?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan/ tanda baca dalam soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011 / 2012, (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan dan penulisan kata yang tidak tepat dalam soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012, (3) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat yakni kalimat tidak efektif dalam soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012, (4) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam soal UKK mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis kesalahan berbahasa. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber datanya soal UKK bahasa Indonesia kelas 3, 4 dan 5 SD. Data berupa kalimat pada soal yang diindikasikan salah dalam penggunaan bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan dalam soal UKK bahasa Indonesia pada kelas 3, 4 dan 5 di Kabupaten Situbondo meliputi; (1) kesalahan ejaan dan tanda baca antara lain: kesalahan penulisan huruf kapital dan huruf kecil, kesalahan penggunaan tanda baca titik, koma, dan petik, (2) kesalahan penggunaan kata di antaranya: penggunaan kata tunjuk, menggunakan kata yang tidak baku, kesalahan bentukan kata, menggunakan kata yang tidak lugas, kesalahan penulisan kata, (3) kesalahan kalimat tidak efektif antara lain:ketidaksejajaran kalimat, ketidaklogisan kalimat, ketidakhematan kalimat, serta ketidakvariasian kalimat dalam soal, (4) Faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa Indonesia antara lain: faktor kompetensi berupa pemahaman yang kurang terhadap kaidah bahasa yang baik dan benar, adanya unsur kesengajaan membuat kalimat tidak efektif, serta pengaruh bahasa daerah. Selain faktor kompetensi, terdapat faktor performansi di antaranya: jadwal aktivitas penulis soal yang padat, pengaruh kondisi lingkungan sekitar (cuaca, kondisi sosial), serta keadaan fisik yang kurang mendukung dalam proses penyusunan dan pengetikan soal UKK (kelelahan, letih, mengantuk). Adapun saran dalam penelitian ini: (1) bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, seharusnya banyak membaca buku pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan harapan mampu menggunakan bahasa Indonesia yang benar baik secara teori maupun praktik, (2) bagi tim penyusun soal, khususnya guru bahasa Indonesia dan guru sekolah dasar sebaiknya menguasai kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak menimbulkan kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa, (3) bagi koordinator soal ujian UPTD Kabupaten Situbondo, disarankan agar mempunyai tim korektor bahasa dalam memeriksa dan membetulkan kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Indonesia terutama untuk penulisan bahasa soal, (4) bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti kesalahan ejaan dan tanda baca, penggunaan kata, dan kesalahan kalimat seharusnya membekali diri dengan pengetahuan tentang kaidah bahasa Indonesia secara teori maupun praktik dan sebaiknya mengadakan penelitian lebih mendalam berkaitan dengan kesalahan penggunaan bahasa soal dengan kajian lebih luas.en_US
dc.relation.ispartofseries090210402034;
dc.subjectAnalisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia ,..tahun 2011/2012 Kabupaten Situbondoen_US
dc.titleAnalisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam soal UKK SD mata pelajaran bahasa indonesia tahun 2011/2012 Kabupaten Situbondoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record