dc.description.abstract | Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa dan merupakan kegiatan
yang kompleks untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk
bahasa tulis. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kemampuan menulis
narasi siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda masih belum mencapai ketuntasan
belajar. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi siswa ketika menulis buku harian
dalam bentuk karangan narasi. Kendala-kendala tersebut antara lain kesulitan ketika
harus mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan, kesulitan menulis cerita secara
kronologis, kesulitan dalam mengembangkan tulisan yang yang ditandai dengan
tidak adanya kepaduan dalam setiap paragrafnya. Sesuai otoritas yang telah diberikan
KTSP, dipilihlah metode karyawisata berbantuan media video untuk mengatasi
permasalahan tersebut karena lingkungan yang dimiliki sekolah memungkinkan
untuk penerapannya. Selain itu, metode karyawisata berbantuan media video
merupakan solusi tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam
menulis narasi. Karyawisata akan dilakukan di tempat produksi bahan bangunan.
Tempat ini dipilih karena akan membelajarkan siswa tentang berwiraswasta, sebab
sebagian besar lulusan MTs Tarbiyatul Huda banyak yang melanjutkan ke sekolah
kejuruan. Di sisi lain, media video akan membantu siswa dalam mengingatkan
kembali kejadian-kejadian yang dialami siswa saat berkaryawisata ketika siswa di
kelas. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, diterapkanlah metode karyawisata
berbantuan media video untuk meningkatkan pembelajaran menulis narasi.
Kajian dalam penelitian difokuskan dalam dua rumusan masalah yaitu:
1) bagaimanakah penerapan metode karyawisata berbantuan media video untuk
meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul
Huda Jenggawah Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) bagaimanakah hasil pembelajaran
menulis narasi setelah diterapkannya metode karyawisata berbantuan media video
pada siswa kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda Jenggawah Tahun Pelajaran
2012/2013?.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilakukan di MTs Tarbiyatul Huda dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIA
sebanyak 34 siswa. Penelitian dilakukan kolaboratif antara guru dan peneliti. Dalam
penelitian ini, terdapat data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil
observasi, wawancara, dan tes menulis narasi. Analisis data dilakukan dalam tiga
tahap yaitu: 1) Penelaahan, 2) Penilaian dan pengkategorian, 3) Penyimpulan.
Proses penerapan metode karyawisata berbantuan media video pada siswa
kelas VIIA MTs Tarbiyatul Huda Jenggawah Tahun Pelajaran 2012/2013
dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Hasilnya pun menunjukkan adanya
peningkatan dalam tiap siklusnya. Pada tahap prasiklus masih 11 siswa (32,3%) yang
nilainya ≥ 70 (KKM). Kemudian Pada siklus I terjadi peningkatan dari 11 siswa
menjadi 25 siswa (73,5%). Meskipun sudah terdapat peningkatan pada siklus I,
namun ketuntasan klasikalnya belum mencapai 75%. Akhirnya dilakukan siklus II.
Sebanyak 29 siswa (85,2%) mendapat nilai ≥ 70 (KKM).
Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan beberapa saran, yakni: 1) guru
dapat menggunakan metode karyawisata berbantuan video sebagai salah satu strategi
pembelajaran alternatif yang akan diterapkan dalam pembelajaran. Apabila guru
menemukan pembelajaran yang membutuhkan inspirasi, guru juga dapat mencoba
menerapkan metode karyawisata berbantuan media video ini; 2) peneliti lain dapat
melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode karyawisata berbantuan
media video pada kajian lain dan dapat pula menjadikannya sebagai solusi pada
permasalahan yang sama. | en_US |