dc.description.abstract | Majalah memberikan informasi mengenai banyak hal termasuk produk yang
dihasilkan oleh produsen. Informasi mengenai suatu produk lebih dikenal dengan
istilah iklan. Melalui iklan produsen memperkenalkan produknya kepada masyarakat
luas selaku calon konsumen. Bahasa dalam iklan bertujuan untuk menarik calon
konsumen agar menggunakan produk yang diiklankan. Untuk dapat memahami
maksud dalam iklan perlu dikaji mengenai struktur, konteks serta fungsi bahasa
dalam iklan.
Kajian pada penelitian ini terdiri atas tiga rumusan masalah, yaitu mengenai
Jenis penilitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif .
Data dalam penilitian ini diambil mengunakan teknik dokumentasi. Data berasal dari
3 majalah yang dipilih berdasarkan jenis majalah yaitu majalah wanita diwakili oleh
Nova, majalah ibu dan anak diwakili oleh Nakita serta majalah berisi resep diwakili
oleh Saji. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan,
pelaksanaan, dan penyelesaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur iklan makanan dan minuman
pada majalah terdiri atas butir utama, butir penjelas, dan butir penutup. Butir utama
iklan terdiri atas 5 proporsi yaitu:
asing atau terkesan unik;
Koteks iklan produk makanan dan minuman pada majalah terdiri atas konteks
sosial dan ekonomi. Konteks ekonomi meliputi topik pemberian hadiah dan
pemberian potongan harga. Konteks sosial budaya meliputi topik menyajikan
makanan istimewa, pola hidup instan, kebersamaan keluarga, mendukung
pertumbuhan anak, dan menjaga kesehatan i bu hamil. Fungsi bahasa yang ditemukan
meliputi:
Saran yang diberikan sebagai berikut: a | en_US |