Show simple item record

dc.contributor.authorAYUN DWI NURHASANA
dc.date.accessioned2013-12-04T04:45:03Z
dc.date.available2013-12-04T04:45:03Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210402017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3698
dc.description.abstractIndikator-indikator yang menunjukkan kerendahan siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo dalam menulis wacana argumentasi adalah: siswa cenderung membuat paragraf persuasi; isi karangan kurang sesuai dengan topik, dan dalam penulisan siswa kurang memperhatikan ejaan. Kondisi tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, solusi pemecahan masalah yang dapat membantu yaitu menerapkan metode SMART dalam penulisan wacana argumentasi. Masalah dalam penelitian ini mencakup: 1 Hasil analisis belajar setelah diterapkan metode SMART pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada tahap prasiklus siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 0 siswa dengan persentase ketidak tuntasan 100%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, yaitu sebanyak 20 siswa dengan presentase 63% tuntas belajar dengan nilai ≥ 75. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 88%. Jadi siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari 68% sampai 88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SMART dapat meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo. Setelah adanya penelitian tersebut, disarankan guru hendaknya senantiasa mengawasi kelas untuk memotivasi keaktifan siswa dan memberikan bimbingan secara individu maupun kelompok. Guru kelas mampu menerapkan metode SMART pada materi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang lain agar pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi, dapat menantang siswa untuk kreatif, dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang lebih tinggi, dan dapat memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dijadikan masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan metode SMART sesuai dengan materi yang diteliti. Bagi pemerhati pendidikan, sebaiknya lebih mengembangkan teori pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih kreatif. Siswa hendaknya saling membantu sesama teman sebaya jika teman merasa tidak paham terhadap materi dan siswa juga perlu berani bertanya kepada teman atau pun guruen_US
dc.relation.ispartofseries090210402017;
dc.subjectPENERAPAN METODE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN,..SMA NEGERI 3 PROBOLINGGOen_US
dc.titlePENERAPAN METODE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XF SMA NEGERI 3 PROBOLINGGOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record