Show simple item record

dc.contributor.authorVerial Rohisah Restuni
dc.date.accessioned2013-12-04T04:04:16Z
dc.date.available2013-12-04T04:04:16Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3628
dc.description.abstractPendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya dengan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan kognitif saja, namun pendidikan karakter juga sangat diperlukan. Dalam hal ini, peran guru dalam mendidik siswa sangat diperlukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang ideal untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Perangkat pembelajaran yang baik dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik. Selama ini, perangkat pembelajaran yang digunakan guru kebanyakan belum berkarakter dan belum menggunakan pembelajaran dengan penemuan. Perangkat pembelajaran berkarakter pada model pembelajaran penemuan terbimbing merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter pada model pembelajaran penemuan terbimbing pokok bahasan teorema Pythagoras untuk SMP kelas VIII. Model penemuan terbimbing (Guided Discovery) adalah model pembelajaran yang mengkondisikan siswa berpikir sendiri sehingga dapat menemukan konsep yang diinginkan dengan bimbingan dan petunjuk dari guru berupa pertanyaanpertanyaan yang mengarahkan. Dalam penelitian ini, langkah-langkah pembelajaran viii dengan penemuan terbimbing yang digunakan ada dua yaitu langkah-langkah yang dikemukakan oleh Markaban (2008) dan oleh Soedjadi. Langkah-langkah pembelajaran penemuan terbimbing yang dikemukan oleh Markaban digunakan sebagai langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun menggunakan langkah-langkah penemuan terbimbing yang dikemukakan oleh Soedjadi. Sedangkan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran ada 10 karakter yaitu cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, bertanggung jawab, menghargai orang lain, disiplin, kerja sama, kritis, teliti, mandiri, percaya diri, dan peduli sosial. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 7 Jember. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D (four D Model) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Dalam penelitian ini semua tahap dilaksanakan hingga menghasilkan sebuah produk yaitu perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter pada model penemuan terbimbing pokok bahasan teorema Pythagoras. Pada tahap pendefinisian dilakukan telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang draft I perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut divalidasi kemudian direvisi hingga diperoleh draft II perangkat pembelajaran yang siap diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran hingga dihasilkan draft III (Draft akhir). Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan tersebut akan dianggap baik jika memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran tersebut, diperoleh tingkat kevalidan RPP, Buku Siswa, LKS, dan THB sebesar 4,6; 4,4; 4,5; dan 4,4 dengan kategori valid. Setelah perangkat pembelajaran divalidasi, perangkat tersebut diujicobakan pada subjek uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh data aktivitas guru ix dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, hasil tes hasil belajar siswa, dan perilaku karakter siswa dan keterampilan sosial siswa. Rata-rata persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dari tiga pertemuan sebesar 88,2% dengan kategori baik. Rata persentase aktivitas siswa dari tiga pertemuan sebesar 89,83%. Respon siswa terhadap proses pembelajaran ditunjukkan dengan presentase yang diperoleh terhadap komponen mengajar lebih dari 80% untuk seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hasil tes hasil belajar siswa menunjukkan 97,3% siswa mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal sedang atau mampu mencapai minimal skor 60. Rata-rata persentase perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa dari tiga pertemuan adalah 85,55% dengan kategori baik yang berarti dapat meningkatkan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa. Karakter yang terbentuk atau mencapai persentase yang tinggi adalah karakter Cinta Tuhan dan karakter peduli sosial. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karaker pada model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) menggunakan Model 4-D diperoleh draft I perangkat pembelajaran pada tahap perancangan (design). Draft II dan draft III (perangkat final) diperoleh pada tahap pengembangan (develop). Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk akhir dari pengembangan ini masih jauh dari sempurna, jika ada peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, lebih diperhatikan lagi dalam memunculkan langkah-langkah penemuan terbimbing pada semua perangkat yang dikembangkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101085;
dc.subjectTeorema Pythagorasen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER PADA MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SMP KELAS VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record