Show simple item record

dc.contributor.authorSITI MAR’ATUS SHOLIHAH
dc.date.accessioned2013-12-04T03:51:15Z
dc.date.available2013-12-04T03:51:15Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3593
dc.description.abstractKecanggihan teknologi informasi berupa internet dapat digunakan untuk menciptakan suatu konsep pembelajaran matematika yang baru dan lebih segar. Hal ini mengingat bahwa siswa sudah akrab dengan teknologi informasi berupa internet. Jadi akan lebih menarik dan inovatif apabila metode pembelajaran matematika bisa memanfaatkan fasilitas internet tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis web dengan aplikasi moodle sub pokok bahasan segitiga untuk siswa kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa, Tes Hasil Belajar, dan media elearning. Model pengembangan sistem pembelajaran yang akan digunakan adalah model Plomp (dalam Hobri, 2010: 17) yang terdiri dari lima fase yaitu fase investigasi awal; fase perancangan/desain; fase realisasi/konstruksi; fase tes, evaluasi, dan revisi; dan fase implementasi. Suatu perangkat dinyatakan layak apabila memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah studi literatur, metode observasi, metode angket, dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar validasi lembar kerja siswa, lembar validasi buku siswa, lembar validasi tes hasil belajar, lembar vii validasi media pembelajaran, angket respon siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Suatu perangkat pembelajaran dinyatakan laik apabila memenuhi syarat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan penghitungan tingkat validitas perangkat pembelajaran matematika yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa nilai validitas dari masing-masing instrumen perangkat pembelajaran yang diperoleh adalah  0,70 yang berarti termasuk kategori tinggi dan sangat tinggi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran terpantau lebih dari 80% baik pada pertemuan pertama maupun kedua. Selain itu lebih dari 90% siswa memberikan respon positif pada setiap aspek perangkat pembelajaran. Nilai tersebut sudah memenuhi syarat  75%. Tes hasil belajar telah memenuhi tingkat validitas dan reliabilitas dimana validitas untuk masing-masing soal adalah tinggi dan sangat tinggi serta tingkat reliabilitas tes hasil belajar termasuk kategori tinggi. Dari analisis data aktivitas guru yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 memiliki nilai 77% dengan interpretasi tinggi. Ini membuktikan bahwa guru dapat mengatur pembelajaran dengan baik selama pembelajaran berlangsung sesuai dengan perangkat pembelajaran yang dibuat. Hasil seluruh hasil analisis data, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis web model kooperatif tipe STAD dengan aplikasi moodle subpokok bahasan segitiga untuk siswa SMP kelas VII yang telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101003;
dc.subjectAplikasi Moodleen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN APLIKASI MOODLE SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP KELAS VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record