Show simple item record

dc.contributor.authorLaily Anisa Nurhidayati
dc.date.accessioned2013-12-04T03:13:11Z
dc.date.available2013-12-04T03:13:11Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3521
dc.description.abstractProses pembelajaran tidak lepas dari proses belajar mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Kegiatan belajar mengajar yang inovatif merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sistem pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru. Sedangkan siswa cenderung menghafalkan konsep-konsep tanpa memahami dengan benar. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah di lapang tersebut guru memerlukan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan strategi dengan teknik pembelajaran yang inovatif. Salah satu strategi dan teknik pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review teknik Mind Mapping Tujuan penelitian ini untuk: (1) menelaah proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan strategi PQ4R dengan teknik Mind Mapping pada sub pokok bahasan himpunan kelas VII, (2) menelaah hasil perangkat pembelajaran matematika berdasarkan strategi PQ4R dengan teknik Mind Mapping pada sub pokok bahasan himpunan kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB) yang berorientasi pada pembelajaran berdasarkan strategi PQ4R dengan teknik Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar x yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototipe (draf 1) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VII H SMP Negeri 1 Kencong. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf 2 yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draf 3 (produk akhir). Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran matematika dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria, yaitu: valid, praktis, dan efektif. a) Valid, jika koefisen validitasnya lebih dari 0,60. Berdasarkan hasil validasi koefisien validitas perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS, dan THB) berturut-turut adalah, 0,94; 0,89; 0,91; dan 0,87. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid. b) Praktis, jika persentase aktivitas guru  80%. Beradasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas guru mopdel pada pertemuan I, II, III, dan IV berturut-turut adalah 84,44%; 86,67%; 88,89%; dan 93,33%. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. c) Efektif Diperoleh dari hasil analisis: (1) aktivitas belajar siswa dari pertemuan I, II, III, dan IV adalah. Persentase aktivitas siswa tersebut berturut-turut adalah 82,87%; 83,80%; 87,04%; dan 90,74%. (2) respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu lebih dari 80%, dan (3) tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas VII H SMP Negeri 1 Kencong mencapai skor minimal (skor 60). Oleh karena itu, perangkat pembelajaran tersebut dapat dikatakan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101065;
dc.subjectPQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA SUB POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record