dc.description.abstract | Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan jenis
pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.
Model pembelajaran tipe TPS mempunyai tiga tahapan yaitu Thinking (berpikir),
Pairing (berpasangan), dan Sharing (berbagi). Berdasarkan hasil pengamatan selama
observasi dan wawancara dengan guru kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember, 50%
dari keseluruhan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran bahkan terkesan
kurang serius dalam proses belajar di kelas dan kurangnya kemampuan siswa dalam
berkomunikasi. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang akan membantu siswa lebih terbuka
dalam bekerjasama dan mengemukakan pendapat mereka dengan teman sejawat
tanpa ada rasa malu ataupun enggan dalam menyelesaikan tugasnya. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember saat mengikuti penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi program linear semester II tahun
pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember saat mengikuti penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi program linear
semester II tahun pelajaran 2012/2013.
Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) dilaksanakan dengan
memberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam
menyelesaikan permasalahan yang diberikan kepada siswa, guru memberikan kepada
siswa untuk berpikir secara individu (think) terlebih dahulu, hal tersebut dilakukan
xi
agar guru mengetahui dan mengembangkan kemampuan individu setiap siswa. Selain
dikerjakan secara individu, guru juga memberikan permasalahan berupa LKS yang
dikerjakan secara berkelompok dengan pasangannya (pairing) untuk didiskusikan
bersama yang selanjutnya dipresentasikan di depan kelas (share)
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang
digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember
sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah kualitatif.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) berjalan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siklus I sebesar 62,46%
dan siklus II sebesar 74,74%, sehingga meningkat sebesar 12,28%. Ketuntasan hasil
belajar siswa pada siklus I sebesar 70,59% dan siklus II sebesar 73,53%. Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) pokok
bahasan program linear pada kelas XI UPW SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran
2012/2013 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Aktivitas belajar siswa dan
ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Saran
dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat
dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas
karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |