Show simple item record

dc.contributor.authorRiskika Desti Kurnia
dc.date.accessioned2013-12-04T01:14:33Z
dc.date.available2013-12-04T01:14:33Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3349
dc.description.abstractPembelajaran pecahan diharapkan dapat membuat siswa memiliki kemampuan memahami pecahan sederhana dan dapat menerapkannya untuk pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember diperoleh data bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika masih rendah. Hal ini terlihat dari nilai pada mata pelajaran matematika yang menunjukkan hanya 20 siswa atau 41,67% dari 48 siswa yang memperoleh nilai ≥75. Selain itu, juga diperoleh informasi bahwa materi bilangan pecahan menjadi salah satu sumber kesulitan bagi anak-anak, khususnya bagi siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember. Hal ini dikarenakan guru tidak menjelaskan secara konkrit tentang konsep bilangan pecahan. Guru hanya menjelaskan materi, memberi contoh, menyuruh siswa membuat rangkuman, dan memberikan tugas setelah guru selesai menerangkan. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan ini adalah dengan menerapkan teori Bruner melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together viii Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori Bruner melalui model kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember. Selain itu, untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember dengan menerapkan teori Bruner melalui model kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan. Pengambilan data dilaksanakan pada siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember mulai tanggal 24 April sampai 15 Mei 2013 dengan jumlah 48 siswa, terdiri dari 22 laki-laki dan 26 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kegiatan guru dan siswa sudah menerapkan tahap-tahap dalam teori Bruner melalui model NHT. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran matematika dengan menerapkan teori Bruner melalui model kooperatif tipe NHT pokok bahasan pecahan meningkat 25% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 66,67% dan meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner melalui model kooperatif tipe NHT pokok bahasan pecahan pada siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Bagi yang ingin menerapkan teori Bruner melalui model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika, disarankan agar lebih memperhatikan tingkat perkembangan intelektual siswa karena setiap siswa berada pada tahap perkembangan intelektual yang berbeda-beda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204096;
dc.subjectTeori Bruneren_US
dc.titlePENERAPAN TEORI BRUNER MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIIA SDN AJUNG 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record