dc.description.abstract | Penelitian dengan judul ” Pengaruh Atribut Jasa terhadap Kepuasan
Konsumen Pada PO. AKAS NNR Probolinggo” dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui sejauh mana pengaruh atribut jasa pada perusahaan sektor transportasi
dalam hal ini bus antar (AKDP) biasa atau bomel, yang meliputi 5 variabel yaitu;
kebersihan bus, penampilan luar, keramahan dan kesopanan petugas atau agen,
kinerja pengemudi, dan ketepatan waktu apakah berpengaruh nyata, baik secara
bersama - sama maupun individu terhadap kepuasan konsumen.
Selain itu penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui pengaruh paling
dominan diantara kelima variable tersebut. Hal tersebut sebagai dasar
pertimbangan perusahaan untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang di sajikan
pada penumpang dalam upaya meningkatkan volume jumlah penumpang.
Penelitian dilakukan pada penumpang untuk jurusan Surabaya -
Banyuwangi di titik-titik tertentu tempat pemberhentian bus PO.AKAS NNR
Probolinggo pada responden dengan klasifikasi frekuensi penggunaan penumpang
sebanyak 2-3 kali atau lebih.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda, dengan hasil analisis F hitung > F = (26,324 > 2,290), maka variable
kebersihan bus, penampilan luar bus, keramahan dan kesopanan petugas, kinerja
driver atau pengemudi dan ketepatan waktu secara bersama-sama berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang pada tabel tingkat signifikan 5%
hal ini berarti bahwa pengaruh atribut jasa terhadap kepuasan penumpang
PO.AKAS NNR Probolinggo terbukti kebenarannya. Berdasakan hasil koefisien
determinasi berganda yang disesuaikan (Adjusted R 2 ) sebesar 0,561, hal ini berarti
56,1% perubahan kepuasan penumpang dipengaruhi oleh variabel kebersihan bus,
penampilan luar bus, keramahan dan kesopanan petugas, kinerja pengemudi, dan
ketepatan waktu, sedangkan sisanya sebesar 43,9% disebabkan oleh faktor lain.
Variabel yang paling dominan adalah Ketepatan waktu (X)., yaitu rsebesar
0.278. | en_US |