Show simple item record

dc.contributor.authorSyahrien Nuzuliya
dc.date.accessioned2013-12-03T15:42:20Z
dc.date.available2013-12-03T15:42:20Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM072110101001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3327
dc.description.abstractUkuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan penerima pelayanan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Dalam penelitian ini kepuasan pasien diukur berdasarkan Kep/25/M.Pan/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Variabel penyusunan indeks kepuasan masyarakat pada penelitian ini terdiri atas unsur prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kenyamanan lingkungan, kenyamanan lingkungan, dan keamanan pelayanan. Tujuan penelitian adalah Menganalisis tingkat kepuasan pasien pada pelayanan loket pendaftaran di instalasi sistem informasi manajemen berdasarkan penilaian pasien terhadap unsur indeks kepuasan masyarakat RS Paru Jember tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian observational analitik yaitu menganalisis tingkat kepuasan pasien berdasarkan indeks kepuasan pasien pada pelayanan loket pendaftaran berdasarkan pengamatan subyek penelitian dan mencari data yang berkaitan dengan penelitian tanpa memberi perlakuan terhadap subyek penelitian. Sampel atau responden dalam penelitian adalah pasien umum pada pelayanan loket pendaftaran yang berada di lokasi unit pelayanan pada saat penelitian berlangsung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling sistematis (sampling di mana pemilihan elemen yang pertama secara acak dipilih dari k yang pertama, kemudian pemilihan elemen lain selalu berjarak k). Alat yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitasnya dan data hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabulasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil pada karakteristik pengguna pelayanan loket pendaftaran pada Tahun 2011 yaitu usia tertinggi 18-<40 th, jenis kelamin tertinggi yaitu jenis kelamin laki-laki, jenis pendidikan terbanyak yaitu Tamat SMA dan Perguruan Tinggi, dan Jenis Pekerjaan sebagai wiraswasta dan usahawan. Unsur pelayanan dengan nilai tertinggi adalah unsur tanggung jawab petugas, kepastian jadwal dan kenyamanan lingkungan. Sedangkan unsur nilai terendah pada unsur kejelasan informasi. Nilai rata-rata tertimbang unsur IKM keseluruhan mendapatkan nilai setelah dikonversi yaitu 72 yang berarti kinerja unit pelayanan loket pendaftaran mauk dalam kategori B dan dinyatakan baik. Sebaiknya pihak Rumah Sakit membuatkan papan nama petugas yang diletakkan pada meja pendaftaran serta menyediakan bagan alir pelayanan pasien yang sesuai dengan peraturan Kep/26/M.Pan/2/2004.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries072110101001;
dc.subjectKepuasan Pasien, Indeks Kepuasan Masyarakat, Loket Pendaftaranen_US
dc.titleANALISIS KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN DI INSTALASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RS PARU JEMBER BERDASARKAN PENILAIAN PASIEN TERHADAP UNSUR INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record