dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SDN
Ajung 03, diketahui motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
tergolong rendah. Dimana dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase
motivasi siswa sebesar 54,9% dan persentase ketuntasan belajar siswa hanya 50%.
Sebenarnya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran IPS menggunakan
beberapa pendekatan. Akan tetapi penerapannya kurang begitu optimal. Keadaan ini
membuat siswa tidak antusias dalam belajar. Siswa terlihat ramai sendiri dan bosan
ketika kegiatan pembelajaran IPS berlangsung. Kurangnya perhatian dan motivasi
siswa terhadap pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Salah satu
alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah dengan
menerapkan model pembelajaran Selecting, Organizing and Integrating (SOI)
menggunakan peta konsep. Model ini menuntut siswa mengkronstruksi
pengetahuannya sendiri dari berbagai informasi yang dia dapat. Informasi tersebut
dipilih untuk dikelompokkan dalam kerja memorinya dan dihubungkan dengan
pengetahuan yang sudah ada sebelumnya maka akan terbentuk pengetahuan baru.
Berdasarkan permasalahan tersebut diperoleh rumusan masalah, yaitu bagaimanakah
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran SOI menggunakan peta konsep pada siswa kelas VA SDN Ajung 03
Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia?. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan
model pembelajaran SOI menggunakan peta konsep pada siswa kelas VA SDN Ajung
vii
03 Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di kelas VA SDN Ajung 03 Ajung-Jember dengan jumlah siswa 38
yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sumber data yang
dibutuhkan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VA SDN Ajung 03.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara,
tes dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dimana masing-masing siklus
terdapat satu pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan sebagai tes akhir. Pada
siklus 1 diperoleh persentase motivasi sebesar 68,3% termasuk dalam kategori cukup.
Sementara persentase hasil belajar siswa sebesar 65,8% masih termasuk kategori
kurang. Oleh karena itu dilanjutkan pada siklus 2, diketahui persentasi motivasi dan
hasil belajar siswa mengalami kenaikan. Persentase motivasi belajar siswa menjadi
sebesar 76,2% termasuk kategori cukup. Sedangkan persentase hasil belajar siswa
sebesar 81,6% termasuk kategori baik.
Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Selecting, Organizing
and Integrating menggunakan peta konsep dalam pembelajaran IPS dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Ajung 03 Tahun
Pelajaran 2012-2013.
Saran yang diberikan peneliti adalah bila model pembelajaran SOI
menggunakan peta konsep diterapkan dalam pembelajaran IPS, maka guru hendaknya
lebih memperhatikan siswa, media peta konsep dan menguasai materi-materi yang
akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.
Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk
menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya
benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang. | en_US |