Show simple item record

dc.contributor.authorHelmi Susanto
dc.date.accessioned2013-12-03T06:39:31Z
dc.date.available2013-12-03T06:39:31Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM040110201097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2973
dc.description.abstractDalam setiap kehidupan kita, media massa telah menjadi sebuah bagian penting yang turut membangun kemajuan. Media massa juga memberikan penawaran akan laju informasi yang padat. Hal ini menyebabkan banyak sekali produsen mengikutsertakan pengiklanan di media massa. Mereka memiliki pemahaman bahwa iklan pada media massa akan mampu menunjang penjualan produknya. Berawal dari kasus tersebut, skripsi ini berusaha untuk melihat setiap iklan secara lebih kritis. Bahwa dalam setiap iklan akan pula disertakan jargon yang mampu menarik minat para pemirsa iklan. Selain itu, pada jargon, penulis melihat bahwa ada sebuah penanaman pemahaman yang mengarah pada perubahan kondisi kebudayaan. Jargon iklan tersebut akan dibuat semenarik mungkin dan dibuat seakan-akan sangat lekat dengan kehidupan masyarakat pemirsa iklan. Para pemirsa akan merasa bahwa produk yang sedang diiklankan merupakan bagian dari dirinya. Skripsi ini menganalisis bentuk jargon pada salah satu iklan produk kecantikan yang ada di masyarakat kita. Jargon tersebut adalah ‘jadi dewasa, bukan berarti semakin tua’. Dengan menggunakan sebuah kajian semantik, skripsi ini menemukan tingkatan makna yang dibawa oleh jargon iklan tersebut. Makna itu adalah makna primer dan makna sekunder. Pencarian makna ini dilakukan sesuai dengan segitiga analisis yang dikemukakan oleh Ogden dan Richards. Yaitu bahwa setiap makna terdiri atas bentuk, konsep, dan acuan. Antara bentuk dan acuan tidak memiliki hubungan langsung melainkan dihubungkan oleh titik puncak segitiga, yaitu konsep. ix Pada analisis ini, ditemukan makna primer dari data yang telah disediakan. Selain itu skripsi ini juga membahas mengenai posisi wanita dalam kebudayaan kita yang direpresentasikan oleh iklan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040110201097;
dc.subjectKAJIAN SEMANTIK IKLAN PRODUK KECANTIKANen_US
dc.titleKAJIAN SEMANTIK IKLAN PRODUK KECANTIKANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record