Show simple item record

dc.contributor.authorMahdiah Imadul Ummah
dc.date.accessioned2013-12-03T04:37:13Z
dc.date.available2013-12-03T04:37:13Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210201034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2851
dc.description.abstractPendidikan merupkan pilar penegak Negara sehingga pendidikan menjadi kebutuhan dasar manusia dan hak bagi setiap warga Negara tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Pembelajaran anak berkebutuhan khusus sangat berbeda dengan anak normal pada umumnya, disebabkan keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dari segi cara memahami, berfikir dan merespon apa yang disampaikan guru sehingga terdapat perbedaan dalam proses pembelajarannya, salah satunya adalah perbedaan metode untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan kajian mendalam tentang implementasi dan tingkat keberhasilan metode Applied Behavior Analysis atau yang sering disebut dengan Lovaas yaitu metode yang diterapkan untuk memperbaiki atau menghilangkan perilaku yang negatif dan bisa juga digunakan untuk meningkatkan dan menguatkan perilaku-perilaku yang positif untuk anak autis. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat keberhasilan implementasi metode Applied Behavior Analysis (Lovaas) pada anak autis ringan dan autis sedang di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tingkat keberhasilan implementasi metode Applied Behavior Analysis (Lovaas) pada anak autis ringan dan autis sedang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat positif bagi dunia akademis dan pihak terkait khususnya Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Penelitian ini menggunakan metode gabungan atau mixed methods dengan strategi penjelasan berurutan yaitu kuantitaf didukung kualitatif, dengan jumlah vii responden 10 anak autis yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sesuai dengan judul, lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Metode pengambilan data menggunakan observasi terstruktur, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dengan teknik korelasi Tata Jenjang (Rank Difference Correlation). Adapun hipotesis nol (H ) dalam penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran Applied Behavior Analysis (Lovaas) tidak memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak autis di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa setiap indikator metode Applied Behavior Analysis (Lovaas) memiliki hubungan dengan interpretasi negatif dan sempurna yaitu hubungan sangat kuat dan negatif dengan anak autis berarti apabila variabel X (metode Applied behavior Analysis) tinggi maka variabel Y (anak autis ) rendah atau semakin tinggi tingkat keberhasilan implementasi metode Applied behavior Analysis maka semakin rendah atau ringan tingkat keparahan klasifikasi autis. Untuk menjawab rumusan masalah diketahui harga Rho sebesar -0,876 dan harga kritik sebesar - 0,648, sehingga Rhohitung > Rhotabel. Maka hipotesis alternatif (H a ) penerapan metode pembelajaran Applied Behavior Analysis (Lovaas) memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak autis di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember diterima. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran Applied Behavior Analysis (Lovaas) memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak autis di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Dengan demikian disarankan bagi terapis/guru Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) serta lembaga Cahaya Nurani Jember secara umum dapat meningkatkan penerapan metode Applied behavior Analysis (Lovaas) yang ditujukan untuk mengurangi gejalagejala autis pada anak sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210201034;
dc.subjectMetode Applied Behavior Analysisen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (LOVAAS) PADA ANAK AUTIS DI SENTRA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) CAHAYA NURANI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record