Show simple item record

dc.contributor.authorGalita Dewi Rizkya
dc.date.accessioned2013-12-03T03:39:09Z
dc.date.available2013-12-03T03:39:09Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210204065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2767
dc.description.abstractMenulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Namun, kemampuan menulis kalimat tanya siswa kelas III SDN Wirowongso Jember masih rendah. Faktor rendahnya keterampilan menulis kalimat tanya siswa dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kata menjadi kalimat tanya dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca yang tepat, guru hanya memberikan penjelasan pada siswa dengan menggunakan metode ceramah, maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penggunaan serta variasi media pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Media pembelajaran yang digunakan adalah media kartu kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Penelitian ini dilakukan di SDN Wirowongso 1 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, diikuti oleh semua siswa kelas III SDN Wirowongso 1 Jember yang terdiri xi dari 40 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu media kartu kata dan kemampuan menyusun kata menjadi kalimat tanya. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas III SDN Wirowongso 1 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masingmasing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I dilaksanakan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan menyusun kata menjadi kalimat tanya setelah diterapkan media kartu kata. Secara umum, kemampuan siswa dalam menyusun kata menjadi kalimat tanya meningkat. Namun ada beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan pada aspek penggunaan huruf kapital di awal kalimat, nama orang, nama tempat dan sebagainya serta penggunaan tanda tanya Pada siklus II, guru lebih membimbing siswa dalam proses penulisan kalimat tanya yang telah disusun dengan cara menjelaskan kembali penggunaan huruf kapital pada tiap awal kalimat, huruf kapital pada nama orang, nama tempat, dan sebagainya serta penggunaan tanda tanya Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan kemampuan menyusun kata menjadi kalimat tanya siswa kelas III SDN Wirowongso 1 Jember berjalan dengan baik. Media pembelajaran kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat diketahui dari perbandingan nilai menyusun kata menjadi kalimat tanya siswa antara nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 55%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 67,5%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 34 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 85%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204065;
dc.subjectMedia Kartu Kataen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KATA MENJADI KALIMAT TANYA DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS III SDN WIROWONGSO 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record