• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KETERPADUAN PASAR SECARA VERTIKAL DALAM SISTEM PEMASARAN GULA KELAPA DI KECAMATAN KABAT KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (248)a_1.pdf (384.6Kb)
    Date
    2014-02-03
    Author
    Hafidoh Humairoh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Integrasi pasar merupakan penggabungan antara beberapa lembaga pemasaran yang secara fungsional dan ekonomi menjadi satu kesatuan dalam sistem pemasaran. Analisis perilaku pasar ini terdapat dua pendekatan integrasi yaitu integrasi secara vertikal dan integrasi secara horizontal. Integrasi vertikal untuk melihat keadaan pasar antara pasar lokal, kecamatan, kebupaten dan pasar provinsi bahkan pasar nasional. Analisis integrasi pasar vertikal ini mampu menjelaskan kekuatan tawar-menawar antara petani dengan lembaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keterpaduan pasar secara vertikal pada berbagai tingkat saluran pemasaran gula kelapa, (2) untuk mengetahui struktur pemasaran, dan (3) untuk mengetahui perilaku pemasaran yang terjadi di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Snow Ball Sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dianalisis dengan analisis regresi, konsentrasi rasio dan analisis elastisitas transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Belum terjadi keterpaduan pasar secara vertikal pada saluran pemasaran dalam sistem pemasaran gula kelapa di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. (2) Struktur pasar pada sistem pemasaran gula kelapa mengarah pada sistem pasar persaingan tidak sempurna dengan derajat konsentrasi > 80% dan nilai transmisi 0,626. (3) Prilaku pasar gula kelapa dipengaruhi oleh praktek penentuan harga dan kerjasama antar pedagang. Praktek penentuan harga ditentukan oleh mekanisme pasar, dan bentuk kerjasama antar pedagang merupakan kerjasama bisnis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27387
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository