• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA KELAS IV SDN PATOKAN 02 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2009/ 2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (237)a_1.pdf (928.2Kb)
    Date
    2014-01-30
    Author
    HADI PURWANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan bagian dari kehidupan manusia sehingga pembelajaran IPA merupakan interaksi antara siswa dengan lingkungan kehidupannya. Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA ditekankan agar berorientasi pada siswa. Peran guru terutama sebagai fasilitator. Mengingat hakikat IPA kecuali sebagai produk juga proses ilmiah maka guru berkewajiban untuk menyediakan wahana dan meningkatkan pengalaman belajar siswa guna pencapaian tujuan pembelajaran IPA tersebut. Dalam pembelajaran IPA perlu menerapkan prinsipprinsip pembelajaran yang meliputi : (a) Empat pilar Pendidikan Global, (b) Inkuiri, (c) Konstruktivistik, (d) Salingtemas (Sains- Lingkungan–Teknologi dan Masyarakat), (e) Pemecahan Masalah, (f) Pembelajaran bermuatan nilai, dan (g) Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) yaitu suatu model pembelajaran yang melibatkan para siswa untuk meninjau bahan yang tercakup dalam materi pelajaran. Para siswa juga dilatih untuk menemukan sendiri konsep materi yaitu dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa mencari penyelesaian dengan diskusi kelompok. Setiap anggota kelompok diberi nomor yang bertujuan agar siswa dapat ditunjuk secara acak menyelesaikan hasil pemecahan masalah, sehingga siswa dituntut untuk bekerja sama dengan temannya dan melatih siswa untuk berbicara atau menjelaskan jawaban kepada kelompok lain. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dalam meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo dan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 4 di SDN Patokan 02 Probolinggo tahun ajaran 2009-2010. Desain dari penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus IV yaitu 71,25%, 80,00%, 83,75% dan 89,17%. Sedangkan aktivitas kelompok dari siklus I sampai siklus IV yaitu 70,83%, 79,17%, 81,25% dan 89,58%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nampak pada hasil analisis pada siklus I sampai siklus IV ketuntasannya mencapai yaitu 60%, 65%, 75% dan 80%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model kooperatife tipe NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya siswa kelas 4 SDN Patokan 02 Probolinggo tahun ajaran 2009-2010.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27374
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository