Show simple item record

dc.contributor.authorHADI SANTOSO
dc.date.accessioned2014-01-30T03:21:43Z
dc.date.available2014-01-30T03:21:43Z
dc.date.issued2014-01-30
dc.identifier.nimNIM070210274069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27373
dc.description.abstractTujuan dari penelitian pada siswa kelas IV SDN Blumbungan I Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010 ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan metode simulasi mata pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi), 3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Blumbungan I Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010 Kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 13 April 2010 sampai 01 Mei 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Blumbungan I Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa mata pelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi adalah : pada siklus 1 terdapat 14 siswa yang dikategorikan tuntas dengan persentase ketuntasan 70%, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas menjadi 17 siswa dengan persentase ketuntasan 85%, dan masih ada 3 siswa yang belum tuntas yakni 15%nya.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi dapat mencipkan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274069;
dc.subjectHasil Belajar, Metode Simulasien_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI (PRODUKSI, KONSUMSI, DAN DISTRIBUSI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI Mata Pelajaran IPS Kelas IV Pada Siswa SDN Blumbungan I Pamekasanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record