dc.description.abstract | Menulis merupakan keterampilan yang penting bagi siswa. Dengan
keterampilan menulis siswa dapat menuangkan gagasan atau ide-ide berupa bahasa
tulis yang mudah dipahami oleh pembaca serta dapat memberi informasi kepada
pembaca. Siswa dapat membuat hasil karya tulisan berupa Cerpen, Cergam, Puisi,
dan Pantun. Sehingga nantinya siswa dalam masyarakat dapat mempublikasikan
karyanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Patrang 02 Jember, menunjukkan
ada permasalahan dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Permasalahan
tersebut di antaranya adalah 1) Kemampuan siswa dalam menulis laporan
pengamatan masih rendah. 2) Metode yang digunakan guru kurang bervariasi. 3)
Media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Dengan Penerapan
pendekatan keterampilan proses dapat menimbulkan kondisi belajar yang
menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam
memahami materi menulis laporan pengamatan, sehingga dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan
Pendekatan keterampilan Proses yang dapat menghasilkan kemampuan menulis
laporan pengamatan siswa kelas 5C SD Negeri Patrang 02 Jember
; (2)
bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas 5C SD Negeri Patrang 02 Jember dalam
menggunakan Pendekatan keterampilan Proses; (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas 5C SD Negeri Patrang 02 Jember dalam menggunakan
Pendekatan keterampilan Proses.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan
keterampilan proses yang dapat menghasilkan kemampuan menulis laporan
pengamatan siswa kelas 5C, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas 5C
dalam menggunakan pendekatan keterampilan proses, (3) mendeskripsikan hasil
belajar siswa kelas 5C dalam menggunakan pendekatan keterampilan proses.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Patrang 2 Jember kelas 5C yang terdiri
26 siswa, 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil
belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan pendekatan
keterampilan proses dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik
minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta
saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.
Analisis data aktivitas siswa adalah siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai
52%, Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai 68%. Siklus II aktivitas siswa mencapai
80%. Analisis hasil tes pada siklus I mencapai 92% dengan 2 siswa yang tidak tuntas
dari 25 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang tidak tuntas
dari 25 siswa.
Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya
memberikan memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang mendukung bagi
guru dan siswa. Memberikan masukan untuk guru agar lebih meningkatkan
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar lebih inovatif lagi. | en_US |