Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Maymunah
dc.date.accessioned2014-01-29T21:13:38Z
dc.date.available2014-01-29T21:13:38Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM080210204185
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27299
dc.description.abstractPendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan bagian dari pendidikan yang mengembangkan tujuannya dari tujuan pendidikan secara umum. Dalam proses belajar mengajar diperlukan kualitas pengajaran yang memadai, yaitu pengajaran IPA yang diarahkan untuk membantu siswa menggunakan daya intelektual dalam belajar. Dari hasil pengamatan di SDN 3 Dasri, aktivitas maupun hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Masalah ini disebabkan karena (1) kurang adanya pelaksanaan diskusi antara siswa sehingga siswa masih bersifat pasif dalam pembelajaran (2) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, guru masih menggunakan text book dalam mengajar, (3) pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya dijawab oleh beberapa siswa saja, (4) dalam membentuk kelompok siswa masih memilih sendiri sehingga tidak heterogen dari kemampuan dan menyebabkan kelompok tertentu yang aktif, (5) di dalam kelompoknya beberapa siswa masih mengerjakan sendiri tugas dari guru sehingga siswa yang lain kurang merasa tanggung jawab dan terlibat. Berdasakan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, dirumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode Eksperimen dengan menggunakan media benda asli pada siswa kelas V SDN 3 Dasri Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada pokok bahasan sifatsifat cahaya melalui metode Eksperimen dengan menggunakan media benda asli pada siswa kelas V SDN 3 Dasri Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011. Penerapan Metode Eksperimen dengan menggunakan media benda asli dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam melakukan suatu eksperimen ilmiah, serta belajar sambil membuktikan teori-teori yang telah ada, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran dan akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dengan menggunakan media benda asli, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahsan sifat-sifat cahaya melalui metode eksperimen dengan menggunakan media benda asli. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Dasri yang terdiri dari 21 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen, yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 3 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2011 sampai 03 Maret 2011 dengan subjek penelitian kelas V SDN 3 Dasri. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa , aktivitas guru, dan nilai hasil belajar siswa pada saat penerapan metode eksperimen menggunakan media benda asli. Hasil analisis aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 84% di siklus II, aktivitas guru juga meningkat dari rata-rata 72% di siklus I meningkat menjadi 84,5% pada siklus II. Analisis nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62% menjadi 86% pada siklus II, berdasarkan hasil tersebut secara klasikal siswa kelas V mencapai peningkatan nilai hasil belajar sebesar 24%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan Metode Eksperimen menggunakan media benda asli mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan persentase rata-rata sikus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 84%. Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen menggunakan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Dasri yaitu mencapai persentase sebesar 62% pada siklus I dan 86% pada siklus II, sehingga meningkat sebesar 24%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204185;
dc.subjectPeningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN METODE EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA ASLI PADA SISWA KELAS V SDN 3 DASRI KECAMATAN TEGALSARI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record