dc.description.abstract | Keberhasilan suatu pembelajaran akan tercapai apabila ada perubahan
terhadap tingkah laku siswa. Oleh karena itu, harus ada usaha untuk mewujudkan
perubahan tingkah laku siswa tersebut. Akan tetapi untuk mewujudkan perubahan itu
membutuhkan suatu proses, proses tersebut adalah penyelesaian masalah yang
dihadapi.
Permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam proses belajar mengajar seperti
yang telah kita ketahui adalah siswa kesulitan untuk membuat catatan, karena teknik
mencatat yang mereka gunakan masih kurang efektif. Akibat kesulitan mencatat
tersebut, akhirnya siswa malas untuk membuat catatan sehingga siswa tidak
mempunyai catatan yang berisi tentang materi ajar yang disampaikan oleh guru yang
jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, akibat dari minimnya catatan yang dimiliki, siswa
tidak mempunyai dokumentasi yang lengkap tentang materi ajar yang disampaikan
guru sehingga tidak dapat membaca ulang materi secara sempurna. Dan hal tersebut
akan membuat hasil belajar siswa kurang baik. Permasalahan ini dapat terjadi pada
setiap mata pelajaran di berbagai sekolah. Salah satunya adalah pada mata pelajaran
Ekonomi kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa selama proses pembelajaran, efektifitas dan aktivitas siswa selama mengikuti pelajaran dengan mencatat menggunakan teknik tradisional dan siswa yang
menggunakan teknik mind mapping.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif yang
bersifat eksperimen. Penelitian ini mengambil kelas X1 dan X2 sebagai subjek
penelitian karena siswa kelas X1 dan X2 mempunyai hasil belajar yang sama
dibandingkan dengan kelas X3 dan X4 dalam hal ini adalah pada mata pelajaran
ekonomi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes dan observasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa siswa lebih senang dan terlihat
antusias dalam mengikuti pembelajaran ekonomi dengan menggunakan teknik peta
pikiran (Mind Mapping). Setelah dilakukan penelitian melalui penerapan teknik
mencatat dengan teknik peta pikiran (Mind Mapping), ditemukan hal-hal yang
mengindikasikan tercapainya tujuan di atas yaitu terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang mencatat dengan menggunakan teknik mencatat Tradisional yaitu
diperoleh rata-rata kelas sebesar 67,08 sedangkan hasil belajar siswa yang
menggunakan teknik mencatat Mind Mapping diperoleh rata-rata kelas sebesar 75.
Dilihat dari segi efektifitasnya, teknik mencatat Mind Mapping terbukti lebih efektif
dan aktivitas mencatat siswa mengalami peningkatan daripada teknik mencatat
Tradisional. Hal ini terbukti dengan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti,
menunjukkan bahwa tiap aspek yang diamati yaitu memperhatikan penjelasan,
bertanya dan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan dalam setiap
pertemuan(pada kelas kontrol dan kelas eksperimen). Aspek yang diamati pada siswa
kelas eksperimen selain yang disebutkan di atas, juga aspek menambah cabang,
menuliskan kata kunci, menambah simbol dan penggunaan warna. Jadi, siswa
dituntut untuk benar-benar memahami materi ajar yang disampaikan. Hal itulah yang
membuat siswa semakin antusias dalam mengikuti pelajaran dan melakukan
pencatatan. | en_US |